You're Here: Home » Demam Berdarah » 3 Bahan Tradisional Redam Penyakit Demam Berdarah

3 Bahan Tradisional Redam Penyakit Demam Berdarah

3 Bahan Tradisional Redam Penyakit Demam BerdarahRagamObat.com – Hidup di lingkungan yang bersih tentu menjadi keinginan setiap orang. Namun, bagi yang kurang beruntung mereka justru hidup di lingkungan tempat tinggal yang kurang diperhatikan kebersihannya. Lingkungan yang kurang diperhatikan tentu menimbulkan berbagai penyakit. Salah satunya adalah demam berdarah atau DBD (demam berdarah dengue).

Apakah Demam Berdarah menyebabkan Kematian?

Penyakit Demam Berdarah menyebabkan adanya kebocoran plasma dan pendarahan setelah diserang virus dengue. Kebocoran plasma dan pendarahan ini yang menjadi berbahaya, karena bila semakin parah akan mengalami syok yang berujung pada kematian. Pada kondisi syok, anda dapat mengetahui tanda-tandanya meliputi badan lemas, sesak nafas, berkurangnya urin, denyut nadi meningkat, tekanan darah menurun hingga menurunnya kesadaran. Olehnya itu, anda perlu mencegahnya saat awal terjadi kebocoran plasma dan pendarahan hingga pada tahap kondisi syok. Kebocoran plasma atau pendarahan menurut pakar medis, hanya dapat diatasi dengan memberikan cairan sebagai pengganti cairan darah yang hilang.

Mengobati Demam Berdarah secara Tepat

Pengobatan demam berdarah pada dasarnya hanya untuk mengatasi kehilangan cairan akibat kebocoran plasma dan pendarahan. Obat demam berdarah yang biasa anda gunakan sifatnya hanya untuk mengobati gejala yang timbul misalnya mual, muntah darah, demam, nyeri, kulit kemerahan dan sebagainya.

Bahaya penyakit demam berdarah sebenarnya dapat ditangkal menggunakan minyak sereh, namun faktanya masyarakat lebih sering memanfaatkan khasiat jambu biji. Hal itu menjadi wajar sebab setelah disurvey, banyak orang mengungkapkan bahwa mereka berhasil terhindar dari penyakit demam berdarah berkat meminum jus jambu biji. Jambu biji yang dikonsumsi penderita demam berdarah, sembuh bukan karena jambunya tetapi cairan yang masuk ke tubuh penderita dalam jumlah banyak. Apalagi bila jus jambu biji dikonsumsi 5-6 gelas seharinya, akan sangat membantu penderita demam berdarah yang kehilangan banyak plasma darah.

Tak hanya cairan dari jus jambu biji, cairan dari buah lain juga bisa membantu penyembuhan penyakit demam berdarah dengan syarat dikonsumsi dalam jumlah yang banyak. Bahkan minuman kaleng pun yang memiliki zat elektrolit sangat dianjurkan diminum. Berikut beberapa jenis bahan tradisional yang disarankan untuk penderita demam berdarah agar terhindar dari kekurangan cairan :

1. Air Kelapa Muda3 Bahan Tradisional Redam Penyakit Demam Berdarah

Selain kaya akan gizi, gula, vitamin B serta C, dan protein, air kelapa muda juga mengandung zat elektrolit alami diantaranya kalium, klorida, kalsium, dan magnesium yang dibutuhkan tubuh untuk mengatasi syok saat kondisi kekurangan cairan

2. Jus Buah 3 Bahan Tradisional Redam Penyakit Demam Berdarah

Bukan hanya jus jambu yang bisa dikonsumsi, meminum jus buah lain juga dapat mengatasi kekurangan cairan akibat demam berdarah sesuai selera si penderita

3. Daun Dewa 

Daun dewa merupakan tanaman berbentuk semak yang bagian daunnya dimanfaatkan sebagai obat demam berdarah. Obat yang tergolong herbal ini3 Bahan Tradisional Redam Penyakit Demam Berdarah diketahui kaya akan kandungan zat kimia diantaranya minyak asiri, saponin, flavonoid serta tanin. Tanaman dengan empat kandungan tersebut sangat berguna untuk anticoagulant (pencair darah beku), menghentikan pendarahan, menghilangkan rasa panas, serta menghilangkan racun terutama virus dengue.

Perlu diingat, tiga bahan tradisional di atas hanyalah peredam praktis bagi anda yang sedang menderita penyakit demam berdarah yang secara otomatis mengalami kebocoran plasma dan pendarahan. Sangat penting untuk menjaga lingkungan anda tetap bersih agar terhindar dari nyamuk penyebab demam berdarah. Terima kasih, semoga bermanfaat.