You're Here: Home » Kolesterol » 7 Bahan Alami yang Dapat Menurunkan Kolesterol

7 Bahan Alami yang Dapat Menurunkan Kolesterol

7 Bahan Alami yang Dapat Menurunkan KolesterolRagamObat.com – Makanan yang enak di lidah serta memuaskan isi perut selalu menjadi incaran penikmat kuliner. Begitupun dengan penggemar makanan jeroan daging kambing atau sapi seperti coto makassar yang banyak dijual di warung makan dengan aromanya yang khas, membuat orang selalu tergoda untuk menyantapnya. Namun, sebagian orang sering mengalami masalah kesehatan setelah menyantap makanan enak dan mengenyangkan tanpa memperhatikan kandungan lemaknya. Maka tak jarang timbul penyakit kolesterol akibat konsumsi makanan yang mengandung banyak lemak.

Kolesterol, Penyakit Berbahaya?

7 Bahan Alami yang Dapat Menurunkan KolesterolSebagian orang menganggap kolesterol begitu berbahaya sehingga mereka selalu menghindarinya. Padahal anggapan itu justru keliru, karena sebenarnya tubuh pun memerlukan kolesterol yang disebut kolesterol baik (high density lipoprotein) guna menekan risiko penyakit kolesterol. Sedangkan kolesterol yang dikhawatirkan sebagian orang adalah kolesterol jahat (low density lipoprotein) dimana bila semakin banyak kolesterol jahat di dalam tubuh anda maka akan berpeluang munculnya risiko penyakit berbahaya seperti hipertensi, stroke, hingga penyakit jantung akibat penumpukan kolesterol.

Menurunkan Kolesterol secara Alami

Kolesterol di dalam tubuh pada dasarnya dapat anda kontrol, dengan memperhatikan kadar kolesterol jahat yang masuk. Apabila kadar kolesterol jahat itu menumpuk, maka anda hanya perlu menurunkan kolesterol. Berikut beberapa cara alami dalam menurunkan kolesterol tanpa menggunakan obat kolesterol.

1. Mengonsumsi Ikan

Beberapa jenis ikan memiliki lemak sehat yang berkhasiat menurunkan kolesterol seperti ikan salmon yang mengandung omega 3 (EPA dan DHA). Begitu pun dengan ikan tuna, ikan sarden, dan ikan teri dapat menjadi pilihan untuk menurunkan kolesterol.

2. Mengonsumsi Kacang-kacangan

Dengan mengonsumsi kacang-kacangan sebanyak 30 gram setiap hari selama sebulan, maka kolesterol anda bisa turun sebesar 5,4% dan kolesterol jahat 9,3%. Kacang-kacangan dapat berasal dari kedelai, kenari, kacang tanah dan lain-lain.

3. Mengonsumsi Teh

Teh yang mengandung antioksidan flavonoid untuk melawan kanker, ternyata juga berfungsi menurunkan kolesterol sebanyak 10 % dalam jangka 3 minggu.

4. Menyantap Coklat

Antioksidan yang terkandung dalam coklat  terutama coklat hitam (dark chocolate) dapat meningkatkan kadar kolesterol baik dibanding coklat putih.

5. Bawang Putih

Bawang putih memiliki banyak manfaat yang salah satunya menurunkan kolesterol, mencegah pengentalan darah, menurunkan tekanan darah serta melindungi tubuh dari infeksi.

6. Bayam

Bayam memiliki zat lutein yang banyak ditemukan dalam sayuran hijau atau kuning telur dalam menjaga kesehatan jantung dan mencegah kebutaan.

7. Alpukat

Alpukat sering dijadikan pelepas dahaga bila haus atau dibuat jus, namun di dalamnya terdapat asam lemak tak jenuh yang berfungsi menaikkan kolesterol baik dan menurunkan kolesterol jahat.  Selain itu, alpukat mengandung beta sitoserol yang dapat menghambat penyerapan kolesterol ke dalam tubuh.

Mengonsumsi makanan sebaiknya dengan cara efektif dan efisien bagi anda yang telah menginjak dewasa. Disamping itu, sebelum mengonsumsi obat kolesterol sebaiknya anda perlu mengubah pola makan serta tak lupa menjaga pola hidup sehat seperti berolahraga agar terbebas dari penyakit kolesterol. Terima kasih, semoga bermanfaat.