You're Here: Home » Gusi Bengkak » Cara Alami dalam Mengobati Gusi Bengkak

Cara Alami dalam Mengobati Gusi Bengkak

Cara Alami dalam Mengobati Gusi BengkakRagamObat.com – Ada banyak cara mengobati gusi bengkak baik secara alami maupun dengan minum obat gusi bengkak atau penghilang rasa nyeri yang banyak tersedia di apotik . Namun, sebagian besar masyararakat mengatasi gusi bengkak hanya dengan meminum obat penghilang rasa nyeri, padahal efeknya hanya sementara. Berbeda halnya bila mengobati gusi bengkak secara alami, justru dapat menyembuhkan gusi bengkak secara permanen dan tidak mudah kambuh.

Pembengkakan gusi pada umumnya disebabkan oleh bakteri dalam plak gigi yang menginfeksi jaringan gigi, sehingga gusi menjadi bengkak, mudah berdarah, kemerah-merahan, dan seringkali menyebabkan gigi terlepas. Selain membengkak, gusi juga berwarna merah terang mengkilap, mudah berdarah saat disikat, dan sering kali terjadi bersamaan dengan penumpukan karang gigi di sekitar permukaan gigi yang berbatasan dengan gusi. Berikut beberapa cara mengobati gusi bengkak secara alami diantaranya:

  • Berkumur dengan air garam hangat merupakan cara ampuh mengobati gusi bengkak untuk meredakan rasa sakit selama beberapa saat. Terutama air garam merupakan salah satu zat antiseptik untuk melawan kuman. Caranya, kumur air garam dengan air hangat selama beberapa kali, setelah itu kumur dengan air bersih.
  • Hidrogen peroksida atau Baking soda. Anda dapat membuat sendiri obat alami dengan mencampurkan baking soda dengan air. Obat kumur tersebut dapat mengurangi rasa sakit pada gusi. Caranya yaitu berkumur beberapa kali dalam sehari untuk mencegah produksi dan penyebaran bakteri di mulut.
  • Air putih. Banyak meminum air putih, membantu mulut menghasilkan air liur lebih banyak. Selain sangat bagus untuk pencernaan, air liur yang banyak juga bermanfaat untuk membunuh kuman dan bakteri dalam mulut. Jadi ketika gusi anda sakit, seringlah minum air untuk menjaga kebersihan mulut dari sarang bakteri dan kuman.
  • Memijat Gusi, yaitu memijat bagian gusi yang sakit memakai jari telunjuk yang bersih. Memijat gusi berfungsi untuk membuat sirkulasi darah meningkat dan membantu proses penyembuhan.
  • Menghindari makanan penyebab plak seperti roti dan sebagainya. Sebaliknya seringlah mengonsumsi makanan yang banyak mengandung vitamin C seperti sayuran segar atau buah-buahan.
  • Sikat Gigi Teratur. Anda perlu menyikat gigi secara teratur untuk menjaga kebersihan mulut dan membantu proses penyembuhan yang lebih cepat.
  • Menggunakan sirih. Caranya yaitu ambil 15 gram daun dan akar sereh lalu campurkan dengan 20 gram kunyit dan garam secukupnya lalu direbus pada suhu 500 cc. Selanjutnya disaring lalu diambil airnya untuk dikumur atau dapat langsung diminum.
  • Air lemon, yaitu mengambil hasil perasan buah lemon lalu dicampur ke dalam segelas air hangat. Lalu kumur selama beberapa menit sebanyak 2-3 kali sehari.

Bagi anda yang sering mengalami gusi bengkak, cara alami di atas sangat direkomendasikan buat anda dan hindarilah penggunaan obat gusi bengkak yang tersedia di apotik. Sangat penting juga memperhatikan kebersihan mulut dan gigi anda agar terhindar dari gusi bengkak. Terima kasih, semoga bermanfaat!