You're Here: Home » Diabetes » Cara Alami Menurunkan Kadar Gula Darah Tinggi

Cara Alami Menurunkan Kadar Gula Darah Tinggi

Cara Alami Menurunkan Kadar Gula Darah TinggiRagamObat.com – Manusia selalu membutuhkan makanan sebagai sumber energi untuk kelangsungan hidupnya dan perkembangan tubuh serta tulangnya. Namun, tidak semua makanan yang dikonsumsi termasuk makanan yang sehat, bergizi dan berimbang. Sebaliknya, tak jarang makanan yang sering dikonsumsi justru dapat memicu penyakit yang salah satunya adalah penyakit gula darah tinggi.

Kadar gula darah tinggi atau yang dikenal dengan diabetes merupakan salah satu penyakit berbahaya bagi tubuh kita. Sebab, jika kadar gula darah tinggi tentu akan mengganggu kelancaran aktivitas sehari-hari serta asupan makanan akan selalu dikontrol sehingga kadang membuat kita stres karena tidak bisa melakukan aktivitas secara bebas atau mengonsumsi makanan sesuai keinginan.

Kadar Gula Darah Tinggi, Berbahaya?

Dikatakan berbahaya apabila anda tidak segera meminum obat darah tinggi dari dokter yang berfungsi untuk menurunkan kadar gula darah. Kadar gula darah yang tidak terkontrol dapat merusak pembuluh darah dan saraf sehingga jika terus berlanjut dapat mengakibatkan kebutaan, penyakit jantung, stroke, impotensi dan lain-lain.

Kadar gula darah tinggi pada seseorang dapat diketahui yaitu salah satunya pada saat terjadi luka lecet, masa penyembuhannya akan lebih lama dari biasanya, semakin membesar bila dibiarkan, dan jika bertambah parah akan dilakukan amputasi. Untuk mengantisipasi itu semua, perlu upaya pencegahan dengan cara menurunkan kadar gula darah tinggi baik dengan meminum obat darah tinggi maupun dengan mengatur pola hidup sehat.

Menurunkan Kadar Gula Darah Tinggi secara Alami

Bagi anda yang lebih suka menghindari konsumsi obat-obatan, menurunkan kadar gula darah tinggi secara alami adalah pilihan terbaik. Mengupayakan kadar gula darah menjadi normal dapat dilakukan melalui pola makan anda secara teratur, berolahraga, melakukan diet, mengurangi konsumsi gula dan menggunakan alat tes gula darah.

Pola makan yang teratur dapat anda mulai dengan makan teratur 3 kali sehari tanpa mengurangi jumlah asupan nutrisi yang diperlukan oleh tubuh dan juga mengonsumsi makanan yang tinggi serat seperti buah-buahan dan sayuran. Di samping itu, lakukan metode makan sedikit namun sering, membuat tubuh jauh lebih sehat dibanding makan banyak tetapi jarang. Hal itu terjadi karena komponen vital di dalam tubuh seperti pankreas dan usus akan lebih mudah menghasilkan enzim pencernaan. Demikian halnya dengan upaya diet, konsumsilah makanan yang tinggi protein dan mengurangi konsumsi gula yang khusus bagi penderita diabetes.

Mengatur pola makan adalah alternatif terbaik dalam upaya menurunkan kadar gula darah tinggi. Tentunya anda dapat mencoba alternatif lain yang lebih efektif dan aman sesuai kondisi tubuh anda. Sangat penting untuk mendiskusikan terlebih dahulu ke dokter mengenai kadar gula darah anda, agar diberikan penanganan yang tepat. Terima kasih, semoga bermanfaat.