You're Here: Home » Migrain » Cara Mengatasi Migrain Tanpa Obat

Cara Mengatasi Migrain Tanpa Obat

Cara Mengatasi Migrain Tanpa ObatRagamObat.com – Rasa nyeri yang selalu atau sering muncul di bagian tubuh mana pun, tetap saja mengganggu aktivitas sehari-hari yang kadang muncul sekali, dua kali, bahkan berkali-kali. Begitu pun halnya saat merasakan sakit kepala sebelah atau migrain, tentu anda merasakan ketidaknyamanan menjalani aktivitas. Migrain merupakan kelainan neurologis yang ditandai dengan nyeri pada satu sisi kepala dan dapat meningkat ke tahap sedang hingga nyeri berat. Di samping itu, ciri-ciri migrain yang sering dijumpai yaitu nyeri kepala sebelah, terasa berdenyut, dan nyeri yang berlangsung hingga 3 hari.

Penyebab dan Gejala Migrain

Migrain hingga saat ini belum diketahui penyebabnya secara pasti, tetapi sebagian besar ahli saraf mengatakan bahwa penyebab migrain berkaitan dengan faktor lingkungan dan keturunan. Selain merasakan gejala sakit kepala yang cukup lama (4-72 jam), penderita migrain dapat mengalami gangguan penglihatan (saat melihat cahaya), kadang kesemutan dan gangguan fungsi sensoris lainnya.

Obat Untuk Migrain?

Fungsi obat pada dasarnya hanya untuk meringankan nyeri yang timbul. Demikian halnya migrain, fungsi obat migrain hanya untuk meringankan gejalanya karena hingga saat ini belum ada obat apapun yang bisa menyembuhkan. Namun, ada beberapa cara mengatasi migrain tanpa menggunakan obat agar anda terhindar dari serangan migrain, yaitu mengatur pola gaya hidup dan melakukan beberapa langkah sebagai berikut :

1. Tidur yang Cukup

Migrain seringkali dipicu oleh kurang tidur, maka anda dianjurkan untuk tidur yang cukup setiap hari.

2. Terapi Yoga

Terapi yoga membuat anda jadi tenang, mengurangi stress, dan meredakan rasa sakit atau nyeri. Selain itu, yoga dapat meringankan kekakuan leher dan bahu sehingga mencegah kambuhnya gejala migrain.

3. Terapi Air Panas (sauna)

Banyak fungsi yang didapatkan dari mandi air panas, salah satunya sebagai pemicu relaksasi dari otot-otot di tubuh anda.

4. Menghindari Makanan Pemicu Migrain

Pola makan yang tidak terkontrol dapat memicu munculnya migrain. Olehnya itu makanlah secara teratur dan hindari makanan pemicu migrain seperti keju, coklat, cafein, alkohol, makanan fermentasi, dan makanan yang mengandung MSG.

5. Aromaterapi

Sama halnya dengan terapi lain, aromaterapi dapat mengurangi ketegangan otot dan merelaksasi semua bagian tubuh yang berkaitan dengan gejala migrain.

6. Konsumsi Vitamin

Vitamin seperti B 12 dikatakan mampu mengatasi migrain terutama pada metabolisme saraf.

Itulah beberapa cara mengatasi migrain tanpa perlu mengonsumsi obat migrain atau obat khusus lainnya. Meskipun migrain dianggap penyakit yang tidak berbahaya, namun anda tetap perlu waspada, sebab menurut penelitian, migrain dapat menyebabkan kerusakan permanen pada otak. Olehnya, jagalah pola hidup sehat dan pola makan anda untuk menghindari migrain. Terima kasih, semoga bermanfaat!