You're Here: Home » Sakit Pinggang » Cara Mengatasi Sakit Pinggang Sebelah Kiri

Cara Mengatasi Sakit Pinggang Sebelah Kiri

Cara Mengatasi Sakit Pinggang Sebelah KiriRagamObat.com – Manusia secara fitrah memiliki sifat selalu mengeluh terutama jika merasa sakit atau terserang penyakit. Hal itu pula sering dialami penderita saat mengalami sakit pinggang. Keluhan sakit pinggang tiap penderita bermacam-macam, seperti keluhan sakit pada bagian kanan, nyeri tepat di tengah, atau sakit pinggang sebelah kiri. Namun, jenis sakit pinggang yang seringkali dijumpai di antara penderita yaitu sakit pinggang sebelah kiri. Di samping itu, para penderita juga perlu memahami penyebab sakit pinggang yang dialaminya serta cara mengatasinya.

Keluhan sakit pinggang sebelah kiri atau bagian kanan maupun bagian tengah, selalu disertai dengan keluhan lainnya. Saat sakit pinggang sebelah kiri, rasa nyeri yang ditimbulkan akan menjalar hingga ke paha bahkan sampai kaki. Selain itu, pada saat menjalar akan diikuti dengan rasa panas dan kesemutan. Nah, bagaimana mengatasi rasa nyeri ini? Tentu yang perlu diketahui dahulu adalah apa saja penyebab sakit pinggang sebelah kiri.

Penyebab Sakit Pinggang Sebelah Kiri

Kemungkinan penyebab sakit pinggang sebelah kiri dapat bervariasi karena bagian kiri pinggang terdapat jaringan dan organ, dimana setiap bagian yang mengalami peradangan, cedera ataupun infeksi akan timbul rasa sakit. Olehnya, berikut penjelasan beberapa penyebabnya.

Strain

Strain terjadi akibat ketegangan atau cederanya alat gerak yang berada di pinggang sebelah kiri. Hal ini terjadi saat jatuh, mengangkat benda berat, atau gerakan yang spontan. Strain pada pinggang sebelah kiri akan memicu gejala nyeri berupa batuk dan bersin. Bila anda merasakan gejala ini, langkah pertama adalah beristirahat. Cara mengatasi strain dapat dilakukan  dengan teknik kompres es selama 20 menit beberapa kali. Selain itu, dapat meminum Obat sakit pinggang atau obat anti nyeri (analgesik) yang dijual di pasaran untuk membantu mengurangi rasa sakit

Infeksi Ginjal

Infeksi ginjal biasanya diawali dari kandung kemih yang naik ke ginjal, sehingga menyebabkan ginjal meradang yang akhirnya muncul rasa sakit pinggang sebelah kiri. Di samping itu, rasa sakit terjadi di bagian panggul sepanjang tulang belakang dan diatas panggul. Olehnya, untuk mengatasi infeksi ginjal yaitu dengan membawa penderita ke dokter untuk diberikan terapi antibiotik.

Stenosis Spinal

Stenosis spinal merupakan sebuah kondisi terjadinya penyempitan tulang belakang dan gangguan pada sumsum tulang belakang. Kondisi ini biasanya terjadi pada orang tua dan gejala umum yang terjadi yaitu sakit punggung, tubuh melemah, mati rasa, atau hilangnya energi. Mengatasi stenosis spinal dapat menerapkan metode terapi fisik dan menggunakan obat sakit pinggang atau suntikan steroid.

Demikian beberapa penyebab sakit pinggang sebelah kiri yang paling sering terjadi serta cara mengatasinya. Perlu diperhatikan bahwa sakit pinggang sebelah kiri dapat menjadi tanda kondisi medis yang serius dan berpeluang mengancam jiwa.