You're Here: Home » Kutil » Cara Menghilangkan Kutil dengan Mudah

Cara Menghilangkan Kutil dengan Mudah

Cara Menghilangkan Kutil dengan MudahRagamObat.com – Kulit akan tampak indah bila permukaannya halus, cerah, serta lembut dan itu merupakan keinginan semua orang agar percaya diri pada penampilan. Namun, kadang terjadi kelainan pada kulit baik perubahan warna, kerusakan lapisan kulit, maupun timbul suatu benjolan yang dapat mempengaruhi penampilan seseorang. Salah satu kelainan yang terjadi yaitu munculnya benjolan kecil yang disebut kutil dimana kadang mengganggu aktivitas.

Kutil dan Penyebabnya

Kutil dalam istilah medis disebut pappiloma atau sejenis tumor jinak pada kulit yang mengakibatkan penebalan lapisan luar kulit menjadi berlebih. Selain itu, kutil disebabkan oleh human pappiloma virus (HPV) yang bisa terjadi pada siapa saja. Meskipun kutil dianggap tidak berbahaya, justru kutil mudah menyebar serta menular ke orang lain melalui sentuhan kulit dan cukup merepotkan bila tidak dihilangkan segera.

Kutil pun terdapat lebih dari 50 jenis yang dapat menyerang bagian tubuh manapun, namun kutil sering tumbuh di bagian tangan dan kaki. Dalam prosesnya, ada beberapa jenis kutil yang dapat hilang dalam beberapa minggu dan ada juga yang menetap hingga bertahun-tahun.

Menghilangkan Kutil Cukup Mudah?

Tumbuhnya kutil pada kulit cukup mengganggu apalagi berada pada bagian tubuh yang sensitif ataupun yang sering tersentuh. Namun, jenis apapun kutil yang menyerang kulit, tetap saja membuat anda tidak nyaman sehingga perlu penanganan cepat dengan cara menghilangkan kutil yang cukup mudah dan sederhana bahkan dapat berfungsi sebagaimana obat kutil kimia ataupun obat oles lain. Berikut beberapa cara mengilangkan kutil diantaranya :

1. Bawang Putih

Selain digunakan sebagai bahan bumbu masakan, bawang putih dapat membantu menghilangkan kutil dengan cara bawang putih dihaluskan lalu dioleskan pada kutil. Selain itu, oleskan bawang putih secara rutin hingga kutil benar-benar terlepas dan lenyap.

2. Kapur sirih dan Detergen

Detergen yang dicampur kapur sirih dapat menghilangkan kutil, sebab reaksi panas dari kedua campuran tersebut dapat menghambat pertumbuhan kutil. Caranya sederhana, setelah dicampur sesuai ukuran yang sama, lalu dioleskan ke area kutil dan biarkan hingga kering kemudian dibilas dengan air hangat.

3. Bawang Merah

Bawang merah memiliki fungsi yang sama dengan bawang putih, namun yang membedakan yaitu irisan bawang merah dicampur larutan cuka. Disamping itu, irisan bawang merah ditempelkan  ke bagian yang ada kutilnya lalu diplester agar hasilnya maksimal.

4. Kulit Pisang

Tak hanya buah pisang saja yang kaya vitamin, ternyata kulit pisang berkhasiat bagi kesehatan kulit bahkan dapat mengobati penyakit kutil. Caranya sama yaitu mengoleskan bagian dalam kulit pisang ke bagian kutil dan dilakukan secara rutin hingga benar-benar menghilang.

5. Cuka Apel

Cuka Apel sangat tepat untuk mengobati kutil. Caranya yaitu menempelkan kapas yang sudah diteteskan cuka apel ke bagian kutil lalu direkatkan dengan plester luka hingga cukanya mengering. Lakukan secara berulang dengan mengganti kapas yang telah diberikan cuka apel.

Demikian beberapa langkah mudah dalam menghilangkan kutil yang mudah ditemukan bahannya. Selain itu, cara ini sangat aman dan tidak menimbulkan efek samping. Sebagian besar menganggap kutil sangat sulit dihilangkan, namun cara diatas tetap layak dicoba terlebih dahulu. Apa salahnya mencoba dari pada tidak sama sekali. Terima kasih, semoga bermanfaat.