You're Here: Home » Sakit Mata » Cara Mengobati Sakit Mata Secara Sederhana

Cara Mengobati Sakit Mata Secara Sederhana

Cara Mengobati Sakit Mata Secara SederhanaRagamObat.com – Setiap manusia menginginkan mata yang sehat, terutama bagi perempuan yang selalu ingin matanya terlihat indah. Namun, seringkali mata mengalami iritasi atau peradangan yang disebabkan oleh faktor tertentu. Sakit mata biasanya ditandai dengan mata memerah, terasa gatal, pedih dan berair, kelopak mata melekat, serta mengeluarkan kotoran putih. Penyakit mata bukanlah penyakit berbahaya, namun jika penyakit mata ini dibiarkan terus menerus maka masa penyembuhannya bisa menjadi lama. Selain itu, mata akan mengalami pembengkakan serius yang dapat memicu gejala yang lebih parah.

Berbagai cara ditempuh saat orang mengalami sakit mata, umumnya mereka menggunakan obat sakit mata yang diteteskan langsung ke mata. Namun, cara mengobati sakit mata dapat ditempuh dengan cara lain selain menggunakan obat sakit mata. Cara mengobati sakit mata perlu disesuaikan dengan penyebab penyakit mata anda dan ini dapat dilakukan secara sederhana. Berikut cara sederhana mengobati sakit mata.

1. Sakit Mata Merah Akibat Alergi

Mata merah karena alergi dapat disebabkan beberapa faktor seperti debu, serbuk sari tanaman, bulu hewan, dan penyebab lain yang dapat membuat mata terasa gatal hingga menjadi merah. Cara mengobatinya yaitu dengan mencuci mata menggunakan air bersih dan dikompres dengan handuk yang telah dicelupkan ke air dingin.

2. Sakit Mata Akibat Debu

Mata yang sakit akibat debu biasanya tidak terlalu berisiko dan dalam waktu yang singkat dapat sembuh secepatnya serta warna merah pada mata berangsur-angsur akan pudar menjadi putih. Pada kondisi ini, cara mengobatinya dengan menggunakan obat sakit mata berbahan herbal seperti daun sirih atau cukup mencuci mata dengan air bersih.

3. Sakit Mata Akibat Infeksi

Pada kondisi ini, saat mengalami sakit mata akan muncul tetesan air dan kotoran putih di selaput mata. Gejala yang terjadi yaitu mata terasa gatal dan sulit terbuka pada saat bangun tidur. Penyebab infeksi mata ini berasal dari virus, bakteri dan jamur. Apabila sakit mata yang terjadi akibat infeksi, justru dapat menular dengan mudah, sehingga dibutuhkan obat tetes mata yang tepat agar mengurangi gejala-gejalanya.

Secara umum, penyakit mata tidak serta merta sembuh secara cepat bila tidak ada penanganan serius. Disamping itu, sebagian orang hanya mengandalkan obat tetes mata jika mengalami sakit mata baik sakit mata ringan maupun menjadi parah. Padahal, ada cara lain mengobati sakit mata tanpa menggunakan obat sakit mata, karena obat itu hanya digunakan jika sakit mata berada pada kondisi yang parah. Demikian, semoga bermanfaat!