You're Here: Home » Demam Berdarah » Gejala Demam Berdarah dan Pertolongan Pertama

Gejala Demam Berdarah dan Pertolongan Pertama

Gejala Demam Berdarah dan Pertolongan PertamaRagamObat.com – Apakah anda sering menonton film vampir di televisi atau di bioskop? Di film itu vampir digambarkan sebagai makhluk menyeramkan yang menghisap darah manusia untuk kelangsungan hidupnya. Pada kehidupan sehari-hari, ternyata nyamuk pun menghisap darah manusia yang dijadikan sumber protein amino dan diperlukan untuk menghasilkan telur. Namun, seringkali nyamuk penghisap darah manusia juga membawa penyakit dan menular langsung yang akibatnya manusia terserang demam berdarah atau dikenal dengan DBD.

Demam Berdarah dan Gejala-Gejalanya

Demam Berdarah Dengue (DBD) disebabkan oleh virus dengue yang ditularkan melalui nyamuk Aedes aegipty atau Aedes albopictus berkelamin betina dan biasanya jenis nyamuk ini menyerang pada siang hari. Di samping itu, virus dengue menyebabkan gangguan terhadap pembuluh darah kapiler maupun sistem pembekuan darah sehingga terjadi pendarahan bahkan dapat mengalami kematian.

Gejala demam berdarah hingga sekarang sulit diprediksi secara pasti karena sering terjadi kesalahan diagnosis. Namun, secara umum demam berdarah dapat dikenali dengan beberapa gejala yang sering dijumpai pada penderita yaitu sebagai berikut :

  1. Mendadak panas tinggi selama 2 hingga 7 hari
  2. Tampak Lesu dengan suhu badan berkisar antara 38 hingga 40 derajat celcius
  3. Muncul bintik-bintik merah di kulit dan apabila kulit direnggangkan bintik merah sulit hilang
  4. Kadang terjadi pendarahan di hidung
  5. Tekanan darah menurun yang mengakibatkan syok
  6. Penderita mengalami kegelisahan, sakit kepala, nafsu makan menurun, mual hingga muntah darah, dan gejala klinis lainnya
  7. Wajah atau bola mata tamapak kemerahan

Pertolongan Pertama

Gejala Demam Berdarah dan Pertolongan PertamaMenurut ahli medis, dalam menangani kasus demam berdarah hanya perlu diantisipasi dengan memperhatikan jumlah cairan di dalam tubuh penderita. Misalnya, saat terjadi kebocoran maka penderita harus banyak minum cairan, tetapi bila sudah selesai dalam dua hari maka asupan cairan harus dikurangi. Selain itu, perlu diberikan pertolongan pertama sebelum waktunya diberi obat demam berdarah, diantaranya :

  1. Meminum air sebanyaknya
  2. Menggunakan kompres agar demam menurun
  3. Memberikan obat penurun panas
  4. Jika sulit meminum karena kondisi muntah, kesadaran menurun atau bertambah parah maka segera bawa ke rumah sakit untuk perawatan intensif
  5. Apabila dalam tiga hari demam belum turun atau justru naik, maka segera bawa ke puskesmas atau rumah sakit terdekat

Demam berdarah merupakan salah satu penyakit yang mengkhawatirkan, sebab jika semakin parah akan menyebabkan kematian. Olehnya, anda perlu memperhatikan kondisi lingkungan sekitar dengan menjaga kebersihan agar terbebas dari nyamuk demam berdarah. Ingat, kebersihan adalah sebagian dari iman. Terima kasih, semoga bermanfaat.