You're Here: Home » Asam Urat » Khasiat Air bagi Penderita Asam Urat

Khasiat Air bagi Penderita Asam Urat

Khasiat Air bagi Penderita Asam Urat  RagamObat.com – Manusia di muka bumi ini tidak terlepas dengan kebutuhan pokok yaitu makanan dan minuman. Jenis-jenis makanan maupun minuman sudah beragam, mulai dari makanan ringan, makanan berat, makanan yang mengandung lemak, makanan sehat, minuman juz, dan sebagainya. Meskipun tampak enak saat menyantapnya, namun tidak sedikit mengalami penyakit. Salah satunya yang banyak dialami seseorang baik masih tergolong muda hingga pada usia lanjut adalah penyakit asam urat.

Asam urat atau dalam istilah medis disebut Gout arthritis merupakan peradangan pada sendi yang disebabkan bertumpuknya kristal asam urat di bagian sendi. Asam urat juga terjadi akibat sisa metabolisme zat purin yang berasal dari makanan yang dikonsumsi. Mengenai zat purin ini, secara alami berada dalam tubuh dan sebenarnya juga banyak terdapat di hampir semua makanan yang berasal dari hewani atau tumbuhan seperti ikan sarden, makanan berlemak, kerang, makarel dan sebagainya. Kapan terjadinya penyakit asam urat? Menurut penjelasan medisnya, asam urat terjadi saat tingkat asam urat dalam darah menjadi tinggi.

Dengan kata lain, tubuh seseorang tentu akan mengalami asam urat yang tidak lepas dari zat purin tadi, apalagi ditambah dengan zat purin yang berasal dari semua makanan. Makanan yang dikonsumsi hanya sebatas dikenal dengan enaknya, namun sangat jarang diperhatikan kandungannya. Sehingga, setiap orang tidak lepas dengan potensi penyakit asam urat karena selalu berhadapan dengan sumbernya yaitu makanan.

Secara normal, sebenarnya asam urat akan dikeluarkan dari dalam tubuh Khasiat Air bagi Penderita Asam Urat  melalui kotoran (feses) dan urin (air seni). Namun, ginjal yang berada dalam tubuh tidak mampu mengeluarkan asam urat maka kadar asam urat menjadi meningkat. Di samping itu, meningkatnya kadar asam urat dalam tubuh disebabkan oleh terlalu banyaknya mengonsumsi makanan-makanan yang mengandung banyak purin seperti yang dijelaskan sebelumnya. Hal ini dapat menjadi risiko serius, karena berlebihnya kadar asam urat hingga menumpuk pada persendian akan mengakibatkan bengkak atau rasa nyeri.

Beberapa penderita asam urat memiliki metode masing-masing dengan cara mencegah hingga mengobatinya. Asam urat sebenarnya dapat dinormalkan sedia kala dengan obat asam urat sesuai anjuran dokter atau dapat pula melalui terapi pengobatan yang tepat. Tapi, bukan berarti dengan menggunakan obat asam urat, tubuh menjadi normal kembali. Obat asam urat belum tentu serta merta menjamin kesembuhan pada penderita asam urat, sebab dalam tubuh berpotensi penumpukan asam urat karena makanan yang masuk. Sehingga dianjurkan untuk mengontrol makanan yang dikonsumsi dengan menghindari makanan-makanan (terapi diet) yang mengandung banyak purin.

Selain dengan jalan diet, untuk membantu mengurangi tingkat serangan asam urat, dapat juga memilih cara lain yaitu dengan banyak mengonsumsi air putih. Air putih dinilai memiliki peran penting dalam kehidupan manusia dan mutlak dibutuhkan manusia. Peran air terutama dalam proses metabolisme tubuh adalah untuk proses respirasi, mempelancar pencernaan, sirkulasi darah, atau proses pembuangan. Air merupakan media transportasi yang membawa gizi makanan ke sel-sel tubuh dan mengeluarkan banyak material kotor dari sel-sel untuk dibuang.

Sebuah ungkapan “tanpa air manusia tidak dapat hidup” ada benarnya. Ketiadaan air dalam tubuh akan mengakibatkan bahan makanan yang dikonsumsi hanya akan menjadi sampah dan tentu tidak dapat dibuang. Para dokter menyarankan terutama bagi penderita asam urat agar banyak minum air, karena kurangnya air dapat memicu masuknya berbagai macam penyakit yang masuk ke dalam tubuh. Menurut anatomi tubuh, 80 persen dari tubuh manusia terdiri dari air, bahkan terdapat dua bagian tubuh manusia yang memiliki kadar air di atas 80 persen yaitu darah dan otak. Darah memiliki komponen air sebanyak 95 persen, sedangkan otak memiliki komponen air sebanyak 90 persen.

Untuk memiliki tubuh yang sehat, seseorang harus mengonsumsi air putih minimal 2 liter per harinya atau 8 gelas sehari. Tubuh manusia akan menghisap air dari komponen tubuh sendiri mulai dari yang terdekat yaitu darah. Darah dalam tubuh akan menjadi kental karena air di dalam darah dipakai untuk keperluan tubuh, sehingga darah yang mengalir ke seluruh tubuh menjadi kurang lancar. Begitupun halnya dengan asam urat, saat terjadi penumpukan kristal asam urat, air dapat berfungsi untuk membantu ginjal membuang purin dalam tubuh sehingga dapat mengalir melewati feses (kotoran) dan urin (air seni). Ini sebabnya perlu banyak meminum air setiap harinya untuk mencegah datangnya penyakit baru. Terima kasih, semoga bermanfaat!