You're Here: Home » Demam Berdarah » Khasiat Jambu Biji Mengatasi Demam Berdarah

Khasiat Jambu Biji Mengatasi Demam Berdarah

Khasiat Jambu Biji Mengatasi Demam BerdarahRagamObat.com – Saat ini boleh dibilang masih mengalami musim hujan yang seharusnya menurut perhitungan cuaca telah masuk musim kemarau. Namun, akhir-akhir ini cuaca sering tidak menentu karena kadang cuaca cerah serta kadang cuaca mendung hingga turunnya hujan. Biasanya, di masyarakat saat musim hujan tiba, terjadi juga musim yang menjadi kebiasaan di masyarakat. Di samping itu, saat hujan turun sering juga timbul berbagai macam penyakit seperti flu, malaria, demam dan juga penyakit yang paling berbahaya yaitu demam berdarah atau disingkat DBD (demam berdarah dengue).

Demam berdarah merupakan penyakit menular yang disebabkan oleh virus dengue yang ditularkan oleh nyamuk Aedes aegypti. Demam berdarah sering terjadi dan hingga kini masih saja terdapat kasus demam berdarah. Hal itu dapat dilihat dari angka pasien demam berdarah yang selalu saja meningkat. Apakah sudah menjadi penyakit menahun? Bisa jadi tiap tahunnya akan bertambah karena siklus nyamuk Aedes aegypti yang juga sering bertambah. Namun, hal itu pula yang mesti diantisipasi dengan berbagai cara misalnya mencegah sedini mungkin faktor-faktor penyebabnya, atau jika sudah terjangkit dapat menggunakan obat demam berdarah dari anjuran dokter, atau obat demam berdarah dari bahan tradisional atau herbal.

Demam berdarah pada umumnya dapat ditandai dengan bebarapa ciri seperti demam tinggi yang mendadak, kehilangan nafsu makan, rasa sakit pada sendi dan otot, rasa sakit pada belakang mata, dan juga muntah. Sedangkan pada anak, hanya timbul gejala ringan yaitu berupa demam ringan dan munculnya bintik-bintik merah pada kulit. Gejala-gejala yang terjadi itu, biasanya masyarakat langsung membawa ke rumah sakit atau memanggil dokter untuk dilakukan pengobatan, padahal sebelumnya dapat dilakukan pertolongan pertama sebelum diserahkan kepada dokter atau dirujuk ke rumah sakit. Apa saja pertolongan pertama untuk penderita demam berdarah? Seorang ahli medis mengatakan bahwa untuk menangani penderita demam berdarah hanya perlu diatasi menggunakan cairan sebagai pertolongan pertama. Lanjut penjelasannya, saat terjadi kebocoran, penderita diharuskan banyak minum air, bila kebocorannya sudah terhenti dalam jangka 48 jam maka asupan cairan harus diminimalisir.

Berikut beberapa langkah alternatif yang dapat dilakukan terhadap penderita demam berdarah sebagai bentuk pertolongan pertama yaitu:

  • Menggunakan kompres air dingin untuk menurunkan panasnya
  • Memberikan air minum sebanyak-banyaknya
  • Dapat juga memberikan obat penurun panas
  • Bila tidak dapat meminum atau mengalami muntah terus menerus, kondisi tubuh semakin parah, tingkat kesadaran pun menurun atau justru hilang maka segeralah membawanya ke rumah sakit untuk dirawat intens
  • Jika dalam jangka waktu 3 hari demamnya masih terasa atau bertambah parah segera rujuk ke rumah sakit atau puskesmas terdekat

Di Indonesia, nyamuk Aedes aegypti telah muncul sejak awal tahun 1860 dan telah tersebar di seluruh Indonesia sejak tahun 1954. Serangga ini termasuk hewan yang mengalami metamorfosa sempurna mulai dari telur, larva, pupa hingga dewasa. Jenis Aedes aegypti merupakan serangga yang senang meletakkan telurnya pada air tenang dan bersih sehingga telur yang dihasilkan dapat mencapai 100 hingga 200 butir telur dalam waktu 3 hari. Telur Aedes aegypti membutuhkan sekitar 7 hari dan berada pada suhu 16 derajat celcius untuk menetas. Setelah telur menetas, akan terlihat jelas menjadi lava yang menggantung di permukaan air dan proses lava ini berlangsung selama 9 hingga 10 hari. Selanjutnya, memasuki fase pupa yang berlangsung selama 3 hari, hingga akhirnya akan terbentuk menjadi nyamuk dewasa. Nyamuk Aedes aegypti sangat aktif beraksi pada siang hari karena pengaruh alat indera yang dimiliki. Hasil kajian menunjukkan, serangga tersebut aktif sekitar pukul 8 pagi hingga 1 siang juga diantara pukul 3 sore hingga 5 sore. Sedangkan di luar dari watu yang disebutkan tadi, dimanfaatkan oleh serangga nyanmuk tersebut untuk istirahat.

Di Indonesia terdapat banyak tumbuhan yang dapat mencegah dan mengobati demam berdarah, juga memiliki khasiat salah satunya adalah pemanfaatan jambu biji sebagai alternatif obat demam berdarah. Jambu biji yang diambil daging buahnya dan daunnya mampu meningkatkan trombosit darah, selain itu kaya akan vitamin C. Bagaimana bisa jambu biji dapat mengobati demam berdarah?

Sayuran dan buah-buahan merupakan bagian utama dari makanan bergizi, salah satunya buah tropika yang kaya akan kandungan gizi yaitu jambu biji. Psidium guajava atau lebih dikenal dengan jambu biji, mengandung 83,3 air, 1 gram protein, 0,4 gram lemak, karbohidrat, 3,8 serat dan 337 miligram vitamin C yang kesemuanya terdapat pada 100 gram bagian buah jambu biji. Dari beberapa yang telah disebutkan, kandungan jambu biji yang paling dominan adalah terdapat kandungan vitamin C yang lebih banyak sekitar 2 hingga 9 kali dari buah jeruk. Vitamin C paling banyak terdapat pada kulit dan daging buah jambu biji dan saat menjelang proses matang, kandungan vitamin C menjadi tinggi. Jadi, disarankan untuk memakan buahnya pada saat matang.

Vitamin C pada jambu biji mempunyai dua fungsi dalam tubuh yaitu sebagai ko-faktor dan ko-enzim. Selain itu, vitamin C sangat erat kaitannya dengan pembentuk kolagen dalam tubuh, pembentukan sintesis karnitin yang berfungsi untuk mengangkut asam lemak rantai panjang, peningkatan serapan dan metabolisme zat besi dan absorpsi kalsium, serta penguatan daya tahan tubuh terhadap infeksi dalam hal ini seperti infeksi virus dengue. Oleh karena itu, jambu biji yang mengandung banyak vitamin C dapat menjadi alternatif obat demam berdarah.

Di masyarakat awam juga berkembang pemahaman tradisional mengenai Khasiat Jambu Biji Mengatasi Demam Berdarahpengaruh buah terhadap berbagai penyakit. Pemahaman itu kemudian telah dibuktikan secara ilmiah. Hasil penelitian menunjukkan, saat jus jambu diberikan kepada penderita demam berdarah dengan dosis 500 cc  jus jambu biji dan sekali dalam 24 jam, menunjukkan penderita demam berdarah mengalami demam selama 2-3 hari dibanding yang biasanya mengalami demam selama 4-6 hari.

Selain buah jambu biji, daun jambu biji dapat juga diekstrak yang mengandung beberapa kandungan yang berkhasiat mengobati demam Khasiat Jambu Biji Mengatasi Demam Berdarahberdarah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil ekstrak daun jambu biji dapat menghambat pertumbuhan virus dengue serta mempercepat peningkatan trombosit darah. Lalu, pada penelitian lain oleh Balai Penelitian Tanaman Obat dan Aromatik menyatakan, ekstrak daun jambu biji yang sudah teruji secara klinis dapat meningkatkan jumlah trombosit hingga 100 ribu per milimeter dengan tanpa memunculkan efek samping. Proses peningkatan itu dapat dicapai dalam waktu 8 sampai 24 jam setelah mengonsumsinya. Di samping itu, asam amino pada daun jambu biji dapat membantu membentuk trombopoitin hingga membentuk trombosit.

Penelitian tersebut kemudian menghasilkan obat antivirus dengue dari ekstrak daun jambu biji yang berbentuk kapsul atau suplemen sebagai obat demam berdarah yang telah beredar di masyarakat. Dengan demikian, jambu biji dapat dijadikan sumber pengobatan pada penderita demam berdarah.  Terima kasih, semoga bermanfaat.