You're Here: Home » Sakit Mata » Konsumsi Buah Untuk Mata yang Sehat

Konsumsi Buah Untuk Mata yang Sehat

Konsumsi Buah Untuk Mata yang SehatRagamObat.com – Salah satu lirik lagu dari Iwan Fals “Mata Indah bola pimpong” tidak bermakna, matanya berukuran sebesar bola pimpong. Namun, maksudnya yaitu lebih condong kepada tanda khas mata yang sehat dengan sinar mata yang terang. Sesungguhnya, merawat mata agar tidak sakit itu bukanlah hal yang rumit karena tidak memerlukan obat sakit mata yang banyak beredar di apotik atau dari dokter. Hanya cukup dengan menyantap buah pisang dan jeruk, mata anda akan menjadi sehat.

Pastinya, anjuran itu hanya berlaku bagi mereka yang masih memiliki mata sehat tapi malas merawatnya. Bagi mereka yang pernah mengalami penyakit mata seperti katarak, minus dan lain sebagainya, anjuran tersebut tidak berlaku lagi disamping mereka harus aktif berkonsultasi dengan dokter spesialis mata yang biaya obat sakit matanya cukup fantastis.

Sering memakan buah dalam jumlah yang banyak khususnya pisang dan jeruk akan membuat mata terlindung dari sejumlah penyakit yang biasanya menyerang mata. Anjuran tersebut langsung disampaikan oleh Dr Eunyoung Cho, dari sebuah rumah sakit  di Boston (USA) setelah melakukan studi atas 118.000 orang yang berusia 12 tahun hingga 18 tahun. Selama penelitian berjalan, tim studinya mencatat bahwa kurangnya mengonsumsi buah-buahan setiap harinya akan berdampak pada kurangnya sensifitas pada sinar mata yang dinamakan retina serta cenderung mengakibatkan macular degeneration (Maculopathy) yang menyebabkan kebutaan pada para manula di atas usia 65 tahun.

Pada penelitian sebelumnya, menunjukkan bahwa vitamin yang mengandung antioksidan dan sejumlah mineral suplemen berisi vitamin C dan E, senyawa seng serta beta carotene merupakan bahan-bahan yang mampu memperlambat proses terjadinya Maculopathy tersebut. Penelitian lanjutan kemudian dilakukan oleh sebuah rumah sakit wanita terletak di Kota Bringham yang perhatiannya terpusat pada berapa besar jumlah buah-buahan, sayuran, ataupun vitamin yang harus dikonsumsi untuk menekan risiko timbulnya penyakit Maculopathy. Para sukarelawan terdiri dari 77.562 wanita yang tergabung dalam tim yang dinamakan the Nurses’s Health Study dan 40.866 pria.

Lanjut, para sukarelawan itu paling tidak sudah berusia 50 tahun saat studi dilakukan dan ketika awal studi dimulai menunjukkan tidak ada satupun peserta yang terindikasi mengalami penyakit Maculopathy. Di samping itu, sukarelawan wanita akan terus dipantau selama 18 tahun, sedangkan sukarelawan pria selama 12 tahun. Kepada sukarelawan wanita tadi diminta menjawab sejumlah pertanyaan dan mengisi sebuah kuisioner mengenai diet yang mereka lakukan pada periode 1980, 1984, 1986, 1990, dan 1994. Sementara itu, relawan pria harus menjawab tiga kali periode yaitu 1986, 1990, dan 1994. Lalu, semua sukarelawan itu pun diminta untuk melaporkan jenis vitamin atau suplemen yang dikonsumsi setiap 2 tahun sekali.

Penelitian selanjutnya telah berjalan kemudian ditemukan ada 329 wanita dan 135 pria terindikasi mengalami gejala awal penyakit mata ini, serta dipastikan 217 wanita dan 99 pria telah mengalami neovascular yang merupakan tipe lain dari kondisi penyakit mata. Dengan mengonsumsi tiga atau lebih buah-buahan setiap harinya, ternyata secara efektif mampu mengurangi risiko terkena penyakit mata (neovascular). Sedangkan mengonsumsi sayuran tidak menunjukkan hasil begitu bagus.

Buah-buahan yang banyak melimpah di Indonesia seperti pisang dan jeruk, Konsumsi Buah Untuk Mata yang Sehatdianggap sebagai buah-buahan memiliki keuntungan besar melindungi mata dari berbagai penyakit mata. Meski demikian, tingkat antioksidan pada vitamin seperti warna buah-buahan atau sayuran mentah, apakah kuning, merah, atau jingga sebenarnya tidak mempunyai hubungan apapun dengan risiko penyakit mata.

Di Indonesia, jeruk dan pisang termasuk buah yang harganya cukup terjangkau serta mudah ditemukan. Membiasakan diri dan keluarga untuk mengonsumsi buah setiap harinya mempunyai manfaat yang besar bagi mata, juga memiliki manfaat untuk diet tubuh baik karena suatu penyakit atau sekedar ingin melangsingkan tubuh. Dengan demikian, pencegahan dini untuk mencegah sakit mata tidak selalu harus dengan obat sakit mata berbahan kimia sesuai resep dari dokter. Namun, dapat diantisipasi dengan cara alami menggunakan buah-buahan untuk dikonsumsi langsung tanpa proses panjang. Oleh sebab itu, langkah ini sebaiknya dimulai dari sekarang. Terima kasih, selamat mencoba.