You're Here: Home » Sakit Pinggang » Latihan Untuk Sakit Pinggang

Latihan Untuk Sakit Pinggang

Latihan Untuk Sakit PinggangRagamObat.com – Orang akan sangat senang apabila seluruh aktivitasnya lancar tanpa gangguan apapun. Begitu pun halnya dengan seseorang yang jadwalnya begitu padat, misalnya yang berhubungan dengan pekerjaan, profesi, hobi dan sebagainya. Namun, di antara aktivitas itu tidak sesuai dengan harapan, karena tak lepas dari yang namanya faktor X atau terdapat unsur human error, salah satunya sakit pinggang yang sering dialami sehari-harinya.

Backache atau masyarakat umum menyebutnya sakit pinggang, memang sangat meresahkan dan bikin kesal, sebab memiliki pekerjaan yang begitu padat menjadi terlantar akibat penyakit yang menyerang tulang belakang ini. Biasanya masyarakat saat terserang sakit pinggang, langsung dengan segera meminum obat sakit pinggang atau obat anti nyeri lain. Namun, sebenarnya tidak perlu tergesa-gesa meminum obat sakit pinggang atau sakit nyeri, sebab masih ada alternatif lain yang lebih aman dan efektif untuk mengatasi sakit pinggang.

Tak sedikit para eksekutif pria pada kondisi tertentu merasakan adanya nyeri tulang belakang, terutama pada bagian pinggang dan bawah pinggang yang pada akhirnya dapat mengganggu aktivitas kinerja atau lainnya. Toh, bila sakit menyerang tubuh biasanya mereka (eksekutif) hanya bisa meringis kesakitan sambil menundukkan kepala menahan rasa sakit dan berharap rasa sakitnya dapat segera mereda atau bahkan lenyap sama sekali.

Hal seperti itu perlu diluruskan kembali, sebaiknya anda jangan terlalu berharap seperti eksekutif pria tadi. Sebab kenapa? Karena sakit pinggang yang dibiarkan begitu saja justru akan menyebar ke bagian lain seperti punggung, paha, dan ke bagian bawah tumit serta jari kaki. Sebagian besar nyeri pinggang ini disebabkan oleh otot-otot pinggang yang kurang kuat, hingga pada saat melakukan gerakan pada bagian pinggang terasa ada pergeseran sendi yang menimbulkan rasa sakit tak tertahankan.

Anda dapat menemukan di kehidupan sehari-hari, ada banyak contoh kasus aktvitas-aktivitas yang dapat menimbulkan nyeri pinggang. Misalnya saja, saat mengangkat barang berat sambil membungkuk dimana jarak antara badan dan benda kurang dekat. Sehingga, badan mesti dengan gaya melengkung, lalu duduk dengan posisi pinggang melengkung dengan perbandingan antara meja dan kursi kurang seimbang hingga duduk harus posisi membungkuk.

Olehnya itu, perlu memperhatikan posisi duduk, yaitu saat hendak duduk hindarilah duduk membungkuk dan biasakan duduk dengan posisi punggung Latihan Untuk Sakit Pinggangtegak serta kaki direnggangkan. Bila saat menyandarkan badan, usahakan tetap mempertahankan ketegakan punggung. Beberapa cara mudah dapat dilakukan seperti menggunakan kursi dengan konstruksi ergonomis untuk menghindari kebiasaan duduk bermalas-malasan atau duduk sembarangan.

Dipandang dari segi kesehatan, ada dua acara efektif untuk mengatasi nyeri pinggang yaitu dengan upaya medis dan metode senam. Metode medis digunakan untuk penyakit yang harus melalui cara medis seperti kelainan kencing atau lemah kaki. Rasa nyeri yang disebabkan oleh kedua penyakit ini terasa karena pergeseran antara pembuluh darah dengan organ tubuh. Jika pergeseran itu cukup besar, maka akan dapat menganggu saraf saluran kencing, kaki dan juga dubur.

Sedangkan metode senam, dapat dilakukan sendiri tanpa harus pergi ke dokter. Metode ini sangat fleksibel karena dapat dilakukan dimana saja dan kapan saja, baik pada waktu santai ataupun menjelang tidur. Berikut beberapa metode latihan dengan senam untuk melatih mengatasi nyeri pinggang dan bawah pinggang yang tidak perlu menggunakan obat pinggang apapun.

1. Merenggangkan Otot Pinggul dan Pantat

Tidur dengan posisi terlentang, ke dua lutut dibengkongkan (90 derajat) sejajar dengan bidang lantai. Lalu, lutut secara perlahan-lahan digerakkan dan diangkat ke dada serta menahannya dengan ke dua tangan kemudian kembali lagi pada posisi awal hingga berulang-ulang.

2. Menguatkan Otot Pinggang dan Perut

Badan dengan posisi merangkak dan kepala sejajar dengan lantai, lalu punggung dilekukkan ke atas dan ke bawah secara perlahan-lahan. Gerakan ini bertujuan agar tulang punggung menjadi tidak tegang atau menjadi rileks

3. Menguatkan Pinggul, Pantat dan Pinggang

Cara ini dilakukan dengan tidur telungkup dan kedua tangan dilipat di bawah dagu atau bahu. Setelah itu, perlahan-lahan satu kaki diangkat ke atas tapi jangan terlalu tinggi. Kemudian diturunkan pula secara perlahan-lahan serta ulangi  lagi dengan berganti kaki

4. Menguatkan Otot Perut

Dengan tidur terlentang dan kedua lutut dibengkokkan disertai dengan menyilangkan kedua tangan ke atas dada. Kemudian, kepala dan bahu dinaikkan dari lantai lalu ditahan secara bertahap

5. Merenggangkan Pinggang

Posisi tidur terlentang lurus lalu kaki kanan ditekuk dan angkat ke kiri melewati atas kaki kiri. Upayakan posisi badan tetap pada posisi awalnya dan tidak mengikuti arah kaki kanan. Posisi ini akan membuat pinggang berputar dan terjadinya peregangan. Setelah itu ulangi gerakan yang sama diganti dengan kaki kiri

6. Menetralkan Paha

Posisi tidur terlentang dengan kaki kanan diangkat dan kaki kanan ditarik dengan kedua tangan hingga mengarah ke wajah. Lakukan hal yang sama pada kaki kiri.