You're Here: Home » Bisul » Mengatasi Keluhan Bisul di Ketiak

Mengatasi Keluhan Bisul di Ketiak

Mengatasi Keluhan Bisul di KetiakRagamObat.com – Apa rasanya ketika ada sesuatu yang mengganjal di tubuh kita? Terlebih lagi jika hal itu adalah bisul yang tumbuh di bagian ketiak. Rasa nyeri bercampur gatal saat muncul bisul di ketiak yang sangat mengganggu aktivitas kita. Daerah ketiak merupakan yang paling rentan infeksi karena terdapat folikel rambut, sehingga meningkatkan kemungkinan terjadinya peradangan.

Mengatasi Keluhan Bisul di Ketiak Secara Tepat

Bisul yang muncul di daerah tubuh tertentu, umumnya disebabkan oleh bakteri stafilokokus yang dapat menyerang siapa saja. Namun, penderita bisul di ketiak kebanyakan dialami oleh bayi dan anak-anak, tetapi bukan berarti orang dewasa tak perlu khawatir sebab bisul di ketiak cukup merepotkan. Bisul yang muncul pada ketiak biasanya mengalami iritasi, demam hingga yang paling berat dapat mengalami kanker. Olehnya, bisul ini perlu diwaspadai dengan mengetahui apa saja penyebabnya, gejalanya, hingga cara mengatasinya.

Apa Saja Penyebab Bisul Terutama di Bagian Ketiak?

Setiap penyakit yang muncul tentu ada penyebabnya, begitupun bisul muncul di ketiak disebabkan beberapa hal diantaranya yaitu

  • Infeksi bakteri, yang terjadi akibat menumpuknya sel-sel kulit mati dan bakteri ini masuk melalui pori-pori serta folikel rambut. Misalnya, saat ketiak sering digaruk atau mencabut/memcukur bulu ketiak hingga menjadi luka maka disaat itulah bakteri masuk dan secara otomatis mulai tumbuh bisul.
  • Infeksi Virus, yaitu virus HIV, herpes zoster ataupun cacar air yang menghasilkan kelenjar getah bening hingga membentuk benjolan
  • Reaksi alergi, terhadap yodium, sulfa, penisilin, dan obat-obatan lainnya menyebabkan kelenjar getah bening juga membesar.
  • Pemakaian deodorant, karena adanya reaksi dari bahan kimia di dalamnya.
  • Kanker payudara baik pada perempuan maupun laki-laki berpotensi menimbulkan benjolan kanker

Gejala Apa yang Timbul?

Pada beberapa kasus dijumpai berbagai gejala bisul di ketiak, tergantung pada tingkat penyebabnya dan daya tahan tubuh. Namun secara umum akan tampak benjolan kecil, keras serta kemerah-merahan, kesadaran terganggu, demam tinggi, kekejangan, dan kesulitan bernafas.

Bagaimana Mengatasinya?

Mengatasi bisul di ketiak disesuaikan dengan faktor penyebabnya dan dapat diatasi tanpa menggunakan obat bisul yang banyak tersedia di apotik. Bisul yang disebabkan infeksi dapat diredakan dengan menusuk atau menyayat ujung bisul dan mengeluarkan nanahnya lalu diperban hingga benar-benar kering. Cara lainnya, mencuci atau kompres bisul menggunakan air hangat dan sabun antiseptik secara rutin, lalu mengolesinya dengan krim antiseptik serta diperban. Di samping itu, dapat juga mengolesinya dengan minyak pohon teh karena mengandung antiseptik.

Cara diatas merupakan bentuk alternatif tanpa memakai obat bisul. Hal ini dilakukan untuk meminimalisir biaya pengobatan dan sangat mudah dilakukan, namun jika cara di atas belum menunjukkan hasil maksimal, baru kemudian dilakukan langkah selanjutnya misalnya menggunakan obat bisul khusus dari dokter atau tindakan operasi. Tapi apa salahnya cara di atas dicoba terlebih dahulu. Terima kasih, semoga bermanfaat!