You're Here: Home » Panu » Mengenal Penyakit Panu dan Ciri-Cirinya

Mengenal Penyakit Panu dan Ciri-Cirinya

Mengenal Penyakit Panu dan Ciri-CirinyaRagamObat.com – Kulit merupakan salah satu bagian tubuh paling sensitif bagi manusia, terutama bagi perempuan yang selalu menjaga dan merawat kulitnya. Apabila kulit terlihat aneh baik pada warna maupun bentuknya, tentu akan mempengaruhi penampilan anda saat hendak bertemu dengan seseorang. Salah satunya adalah penyakit panu yang sering anda lihat muncul di permukaan kulit yang apabila diraba terasa kasar, tampak berwarna putih dan berbentuk bulat kecil. Selain itu, sebutan panu pun sudah dikenal luas oleh masyarakat meskipun panu sendiri mempunyai istilah medis yang dikenal dengan Tinea versicolor.

Mengenal Panu Lebih Dekat

Panu atau tinea versicolor merupakan salah satu penyakit kulit yang disebabkan oleh jamur. Disamping itu, panu seringkali dijumpai pada daerah tropis dimana dipengaruhi oleh suhu atau kelembaban udara, kadang keringat, juga lemahnya daya tahan tubuh. Berbeda halnya dengan penyakit lain, penyakit panu biasanya tidak menimbulkan keluhan karena hanya terasa gatal biasa. Namun, apabila dibiarkan akan menimbulkan dampak yang lebih serius seperti menyebar ke seluruh tubuh atau proses penyembuhannya semakin lambat.

Bagaimanakah Ciri-ciri Panu yang Sebenarnya?

Mengenal Penyakit Panu dan Ciri-CirinyaPenyakit panu memang telah dikenal luas oleh masyarakat, namun masih banyak yang keliru menganggap noda/bercak putih yang terlihat pada permukaan kulit ini adalah panu, padahal bukan. Sebab, jika anda mempelajari lebih dalam maka akan anda temukan banyak penyakit kulit yang berupa noda putih selain panu. Olehnya itu perlu dilihat ciri-ciri panu yang sering dijumpai pada penderita, agar anda tidak keliru memberikan obat panu yang justru menimbulkan iritasi, pedis atau serasa kulit terbakar. Berikut ciri-ciri panu :

  1. Panu memiliki variasi warna, diantaranya warna putih, warna coklat, coklat hitam dan merah muda
  2. Panu tumbuh secara lambat, bersisik halus, dan terasa gatal
  3. Panu akan terlihat jelas saat terkena paparan sinar matahari
  4. Panu dapat tumbuh di semua permukaan kulit, namun banyak timbul di permukaan punggung, leher, dada dan lengan atas
  5. Panu kadang tidak disadari oleh penderita karena tidak terdapat keluhan

Demikian seputar panu dan ciri-cirinya yang dapat anda jadikan referensi. Apakah anda memang terserang penyakit panu atau justru penyakit kulit lain. Selain itu, anda bisa lebih berhati-hati dalam menggunakan obat penyakit kulit terutama yang dioleskan (salep/krim) yang sangat sensitif pada kulit. Ingat, sesungguhnya manusia selalu sensitif pada kulit. Semoga bermanfaat, Terima kasih.