You're Here: Home » Amandel » Mengobati Penyakit Amandel Secara Alami

Mengobati Penyakit Amandel Secara Alami

Mengobati Penyakit Amandel secara AlamiRagamObat.com – Bagaimana sikap anda bila mengalami penyakit amandel? Penyakit Amandel sering dialami semua orang dan menjadi populer di masyarakat karena banyak orang mengalami peradangan pada amandelnya. Amandel atau biasa disebut penyakit toksin, terjadi karena berkumpulnya jaringan limfoid di dalam ujung kerongkongan tepat di belakang mulut. Peradangan amandel terjadi akibat banyaknya kuman masuk ke dalam rongga mulut lalu berkembang biak di dalam lipatan belakang mulut.

Apa Faktor Pemicu Amandel ketika Mengalami Peradangan?

Hal ini dapat dilihat dari pola hidup sehari-hari, misalnya dipicu oleh makanan/minuman favorit. Soal makanan atau minuman tentu saja menggoda selera, namun tidak semuanya sehat apalagi sangat sensitif pada penyakit amandel. Amandel disebabkan oleh makanan berminyak, semua jenis gorengan, makanan pedas, dan minuman dingin. Sekitar 70% penyebab amandel berasal dari makanan yang kurang bersih penyajiaannya atau isinya, sehingga perlu perhatian lebih pada makanan.

Makanan selain lezat dapat juga membantu menghilangkan lapar, namun bila makanan-makanan itu dikonsumsi berlebihan dapat menyebabkan ukuran amandel semakin membesar. Di samping itu, virus lain maupun bakteri yang ikut masuk bersama makanan dapat menyebabkan toksin membengkak. Boleh jadi makanan yang sering dikonsumsi dapat berpeluang membengkaknya toksin hingga menjadi peradangan.

Gejala Tidak Nyaman Saat Amandel

Pada kasus-kasus penderita amandel, sebagian besar saat mengalami amandel biasanya muncul perasaan kurang nyaman, seperti kesulitan makan atau minum, kesulitan berbicara, atau semua kondisi lainnya. Gejala yang biasanya muncul saat terjadi penyakit amandel yaitu sesak nafas, demam dan kegigilan, sakit kepala, aroma mulut bau, kesulitan menelan, muntah serta sakit perut.

Mencegah Sebelum Terjadi Peradangan Amandel

Ada satu ungkapan populer bahwa lebih baik mencegah daripada mengobati. Begitu pun amandel, menghindari peradangan amandel sebelum diobati dapat dilakukan beberapa hal yaitu selalu mencuci tangan sebelum makan untuk menghindari bakteri, menghindari makanan pedas agar amandel tidak menjadi bengkak, banyak minum air putih, mengurangi bicara, dan hindari polusi dan asas rokok.

Mengobati Amandel Menggunakan Bahan Alami

Nah, bagaimana bila sedang mengalami penyakit amandel? sebenarnya dapat diobati dengan obat amandel dari resep dokter, namun anda bisa mengonsumsi obat amandel alami yang bisa dibuat sendiri. Obat amandel berbahan alami, mudah dan aman yaitu :

  1. Meminum air dari rebusan jahe yang dipotong-potong kecil
  2. Mengkudu sangat efektif sebagai obat amandel. Caranya, bersihkan dahulu kemudian ditumbuk lalu diambil airnya. Air yang dihasilkan dicampur madu asli
  3. Air jeruk nipis sangat ampuh mengobati amandel. Dengan meminum air perasan 3 buah jeruk nipis yang dicampur kapur sirih
  4. Mengonsumsi bayam selain menyembuhkan tenggorokan gatal, bayam juga efektif sembuhkan amandel. Cukup membuat sayur bayam dan dicampur bubuk lada hitam, lalu dikonsumsi secara rutin.