You're Here: Home » Ambeien » Obat Ambeien, Penyebab, Gejala, dan Pantangan

Obat Ambeien, Penyebab, Gejala, dan Pantangan

Obat AmbeienRagamObat.com – Pernahkah Anda mengalami masalah ketika duduk lama? Merasakan sakit yang luar biasa pada saat buang air besar? Bahkan kadang terjadi pendarahan pada saat buang air besar. Waspadalah bisa jadi itu adalah tanda dari penyakit ambeien atau wasir. Ambeien adalah penyakit akibat terjadinya pembengkakan pada pembuluh darah di bagian bawah poros usus, baik di sebelah dalam maupun di sebelah luar lubang dubur. Penyakit ambeien sekilas mirip dengan penyakit bisul  yang berwarna merah kebiruan.

Ambeien menyebabkan rasa tidak aman dan mengganggu aktivitas kita, terutama aktivitas atau pekerjaan dengan porsi duduk yang lumayan lama. Bahkan dalam kondisi kronis ambeien bisa jadi membuat pakaian dalam ataupun celana kita tidak bersih karena dipenuhi bercak darah.

Penyebab Ambeien

Sama halnya dengan penyakit lain, ambeien merupakan penyakit yang dapat didukung dengan adanya faktor risiko. Faktor risiko ambeien lumayan banyak, pertama karena faktor keturunan yakni dinding pembuluh darah tipis dan lemah, kedua pekerjaan yakni orang yang harus berdiri atau duduk lama, harus mengangkat barang berat. Selain itu penyebab ambeien lainnya adalah diare menahun, mengejan terlalu keras pada saat buang air besar, menggaruk atau menggosok bagian anus terlalu keras, dan sembelit menahun.

Gejala Ambeien

ambeienSebelum menjadi parah ada baiknya kita mengenal gejala ambeien, sehingga kita bisa melakukan pencegahan atau mengobati sedini mungkin. Gejala ambeien kebanyakan terjadi di sekitaran anus, saat ambeien kita kadang merasa ada yang menganjal saat duduk, saat buang air merasa tidak nyaman karena kesakitan, bahkan yang paling parah ketika ambeien akan ada pendarahan lewat dubur, terasa nyeri, terjadi pembengkakan di daerah dubur, dan keluar cairan melalui dubur.

Darah yang keluar pada penderita ambeien berwarna merah segar dan tidak bercampur dengan feses, bisa saja darahnya hanya sedikit atau bahkan menetes dan mewarnai air toilet. Selain darah, biasanya penderita ambeien merasakan gatal pada bagian anus karena adanya virus dan bakteri yang bisa menyebabkan infeksi.

Pantangan Penderita Ambeien

Beberapa hal yang menjadi pantangan bagi penderita ambeien diantaranya tidak duduk terlalu lama dan tidak menggosok/menggaruk dubur berlebihan. Adapun pantangan penderita ambeien dari segi makanan dan minuman adalah hindari mengkonsumsi buah-buahan dengan tingkat keasaman yang tinggi, hindari minuman berkarbonasi, berkafein dan beralkohol. Makanan yang rendah serat juga perlu dihindari seperti keju dan daging karena akan membuat feses keras sehingga sulit untuk dikeluarkan dan menimbulkan rasa sakit pada anus.

Obat Ambeien

Sebelum menjadi kronis, ada baiknya kita menyembuhkan wasir dengan cara yang alami. Kebanyakan penyakit bisa diatasi dengan menjalankan pola hidup sehat, seperti olahraga secara teratur, makan makanan berserat, minum air yang cukup. Nah khusus untuk penderita ambeien disarankan untuk menghindari terlalu banyak duduk, terlalu lama jongkok saat buang air besar, tidak menahan kencing atau buang air besar, tidak menggosok dan menggaruk dubur berlebihan, tidak mengeden berlebihan, biasakan berendam pada air hangat. Apabila ambeien menunjukkan gejala yang semakin parah maka dianjurkan untuk langsung ke dokter.

Selain perilaku hidup yang sehat,sedikit berbagi mengenai obat alami unutk mengatasi ambeien adalah dengan menggunakan bahan-bahan alami dari tumbuhan. Bahan-bahan alami ini dapat membantu penyembuhan ambeien dengan kandungan-kandungan alami.

Obat wasir salah satunya adalah daun muda jambu batu dan pisang batu, adapun penggunaan daun muda jambu batu dan pisang batu untuk obat wasir yakni dengan cara dihaluskan lalu diperas sampai menghasilkan air. Air campuran daun muda jambu batu dan pisang batu ini diminum setiap hari untuk membantu menyembuhkan ambeien.

Ekstrak daun sirsak dan kulit buah manggis juga dapat menjadi obat ambeien. Ekstrak daun sirsak mengandung zat acetogenins yang berfungsi untuk mengecilkan selaput lendir pada ambeien dan menekan peradangan/mengurangi rasa nyeri.

Obat ambeien yang lain adalah akar jeruk nipis, batang dan daun bayam, sosor bebek segar. Kebanyakan bahan alami yang dapat menyembuhkan ambeien adalah tumbuhan yang direbus kemudian air rebusannya diminum secara teratur. Obat paling mujarab untuk penderita wasir adalah dengan mengkonsumsi makanan yang berserat tinggi.