You're Here: Home » Asam Urat » Obat Asam Urat, Gejala dan Penyebabnya

Obat Asam Urat, Gejala dan Penyebabnya

Obat Asam UratRagamObat.com – Pernahkah anda merasakan sensasi nyeri, pegal, atau peradangan sendi-sendi tulang? Bagi sebagian orang jarang memperhatikan apa yang dirasakannya, mengganggap hal tersebut hanya biasa-biasa saja, dan meyakini hal itu akan menjadi normal kembali. Padahal sebenarnya hal tersebut menjadi pertanda terjadinya asam urat.

Asam urat atau diistilahkan Gout (penyakit pirai) merupakan zat asam yang berasal dari pemecahan nitrogen di dalam tubuh yang disebut dengan purin. Purin sendiri merupakan zat yang terkandung dalam makanan yang berasal dari hewani (daging) dan tumbuhan (sayur, buah, kacang). Ini menandakan saat mengonsumsi makanan tersebut, maka zat purin yang terkandung di dalamnya otomatis akan berpindah ke dalam tubuh manusia saat proses metabolisme.

Penyebab Asam Urat

Saat kadar asam urat tinggi karena konsumsi berlebihan serta ginjal yang tidak berfungsi dengan baik hingga terbentuknya kristal asam urat, maka akan terjadi penumpukan di persendian seperti sendi jari kaki, jari tangan, tumit, dengkul, siku dan pergelangan tangan. Jika terlalu banyak maka kristal asam urat akan menekan sendi yang dapat menyebabkan nyeri, pegal, dan meradang hingga membengkak. Menurut Klinik Mayo Amerika Serikat, penyakit asam urat dapat dipicu oleh beberapa masalah kesehatan termasuk tekanan darah tinggi yang tidak diobati (hipertensi) dan kondisi kronis seperti diabetes, kadar lemak dan kolesterol yang tinggi dalam darah (hiperlipidemia) dan penyempitan arteri (arteriosklerosis). Disamping itu, asam urat disebabkan oleh gaya hidup seperti jarang berolahraga dan pembawaan genetika (hormon) yang tidak seimbang.

Gejala Asam Urat

Asam urat secara teori memiliki fase-fase sebelum terjadinya penyakit yang cukup serius. Pertama, fase aksiomatik yang merupakan fase awal asam urat dengan kadarnya meningkat namun gejala yang ditimbulkan masih ringan seperti encok pada bagian pinggang atau rasa sakit pada bagian punggung. Kedua, fase akut yang biasanya urat naik secara tiba-tiba dan akan terasa pada malam hari atau menjelang pagi. Gejala yang timbul pada fase akut ini, adanya rasa nyeri berulang pada bagian ibu jari kaki dan perlahan-lahan akan menghilang dengan sendirinya dalam waktu kurang dari 14 hari. Ketiga, fase interkritikal dimana kondisi mengalami nyeri yang hebat saat bergerak atau kadang sulit bergerak. Di fase interkritikal ini juga berdampak pada kerusakan ginjal akut, peradangan pada persendian (perifel dan tunggal) hingga tekanan darah tinggi.

Pantangan Asam Urat

Sebagai manusia yang dibekali otak untuk berfikir, penting untuk diketahui apa saja yang mesti dihindari sebagai upaya pencegahan terjadinya asam urat atau mengurangi risiko tingginya asam urat. Jika makanan merupakan salah satu faktor penyebabnya, maka penderita asam urat mesti menghindari makanan yang berasal dari protein hewani seperti daging (kambing, kuda, sapi), makanan laut (kepiting, udang, ikan) makanan jeroan. Makanan tumbuhan seperti sayur-sayuran (kembang kol, bayam, asparagus, buncis, daun papaya, daun singkong, kangkung), kacang-kacangan (kedelai, kacang tanah, kacang ijo, tauge, melinjo, emping), buah-buahan (durian, nanas, air kelapa) atau secara umum harus menghindari makanan yang kaya akan lemak dan protein.

Obat Asam Urat

Bagaimanakah cara efektif mengobati penyakit asam urat ini? Segala sesuatu penyakit pasti ada penawarnya kecuali kematian. Termasuk dalam hal ini asam urat juga ada penawarnya, mulai dari yang berbahan alami (tradisional), berbentuk produk obat herbal, hingga perubahan gaya hidup (fisik) seperti sering meminum air putih, olahraga, dan terapi.

Obat asam urat umumnya berasal dari makanan yang mengandung potasium tinggi (kentang, yogurt, pisang), berkarbohidrat kompleks (nasi, singkong, roti, ubi), buah-buahan yang mengandung vitamin C (jeruk, mangga, papaya, strawberry), sayur-sayuran (jahe, labu kuning, sawi hijau, sawi putih, serai, tomat). Selain itu, sudah banyak yang mengembangkan obat asam urat dalam bentuk produk herbal alami misalnya susu kambing Higoat, Triplex Capsule, atau K-Muricata.

Obat asam urat lainnya ada pula yang berasal dari dedaunan yang secara pengalaman dan kebudayaan telah dipraktikkan oleh masyarakat sejak dulu secara turun temurun seperti daun salam, tempuyung, sidaguri, sambiloto, kumis kucing dan meniran. Disamping itu, cara lain yang dapat dilakukan adalah memperhatikan kondisi fisik tubuh. Seseorang yang berpotensi obesitas misalnya sangat rentan akan asam urat, maka cara efektifnya yaitu dengan olahraga yang cukup hingga berat badan turun dan menghindari bekerja terlalu keras yang mengakibatkan kelelahan.

Kesehatan merupakan unsur yang tidak terhingga dari sebuah karunia Allah SWT, yang menjadi prioritas setiap manusia. Faktanya, sebagian manusia tidak memperhatikan dengan baik kesehatannya. Salah satunya muncul asam urat karena keteledoran manusia itu sendiri. Asam urat meskipun terlihat ringan namun bisa saja menyebabkan kerusakan pada semua tubuh jika tidak diantisipasi dengan baik. Penyakit asam urat biasanya dialami kalangan yang sudah berumur baik laki-laki maupun wanita, namun bukan berarti kalangan muda bebas dari asam urat. Sebab, asam urat bisa terjadi pada siapa saja jika kurang teliti memperhatikan pola makan atau pun pola hidup. Bersyukurlah Allah SWT menciptakan alam beserta isinya untuk dijadikan penawar/obat asam urat. Wallahu ‘alam