You're Here: Home » Demam Berdarah » Obat Demam Berdarah, Penyebab, Gejala, dan Pencegahan

Obat Demam Berdarah, Penyebab, Gejala, dan Pencegahan

obat demam berdarahRagamObat.com – Demam berdarah sudah menjadi masalah yang umum yang dialami oleh masyarakat Indonesia. Anda tahu penyakit yang sering muncul karena kurang bersihnya lingkungan? Karena adanya genangan air, sampah dimana-dimana, gantungan baju bertumpuk di pintu kamar berhari-hari. Semua kondisi ini adalah pemicu penyakit demam berdarah.  Penyakit demam berdarah disebabkan oleh virus dengue yang ditularkan melalui gigitan nyamuk Aedes Aegypti.

Sekitar 2,5 Milyar atau 2 dari 5 penduduk dunia memiliki risiko terkena penyakit demam berdarah karena infeksi virus dengue. Bahkan menurut data setiap tahun itu ada 50 juta kasus demam berdarah di dunia dan 50.000 kasus di Indonesia, angka yang sangat dasyat bukan? Hanya karena kita kurang menjaga kebersihan lingkungan, efeknya akan sangat parah.

Kita seringkali salah dalam mendiagnosis penyakit demam berdarah ini karena infeksi virus dengue yang menyebabkan demam berdarah akan menunjukkan gejala yang tidak jelas, biasanya disamakan dengan gejala typhus dan flu. Parahnya lagi, ketika terkena demam berdarah bisajadi juga disertai dengan infeksi penyakit lain seperti flu dan typhus.

Penyebab Demam Berdarah

Demam berdarah disebabkan oleh virus dengue yang terinfeksi ke dalam tubuh melalui gigitan nyamuk Aedes Aegypti. Nah perlu diketahui bahwa banyaknya nyamuk Aedes Aegypti ini bisa saja disebabkan karena kondisi lingkungan yang tidak sehat dan tidak bersih, saat musim hujan juga bisa memicu banyaknya nyamuk Aedes Aegypti, global warming, perubahan iklim, pengelolaan sampah yang buruk dan kurangnya ketersediaan air bersih, semuanya dapat memicu perkembangbiakan Si Nyamuk pembawa virus ini.

Pemicu demam berdarah adalah adanya kesempatan bagi nyamuk Aedes Aegypti untuk berkembang biak, kemudian nyamuk inilah yang membawa virus dan menggigit kita-kita semua sehingga jadilah demam berdarah. Hehehe

Gejala Demam Berdarah

Dilihat dari namanya saja, mungkin kita akan berfikir kalau demam berdarah pasti gejalanya demam. Namun untuk menghindari kekeliruan terhadap gejala demam berdarah, perlu diketahui bahwa demam hanya menjadi penanda pertama yang harus diwaspadai sebagai gejala demam berdarah. Itupun demam yang dimaksud sebagai gejala adalah demam tinggi yang mendadak 2-7 hari (38-40 derajat celcius).

Selain demam , gejala lain adanya bentuk perdarahan di kelopak mata bagian dalam, mimisan, kotoran pada saat buang air besar berupa lendir bercampur darah, tekanan darah menurun, bahkan bisa jadi terjadi pembesaran hati.

Gejala klinik pun juga muncul seperti mual, muntah, menurunnya nafsu makan, sakit perut, diare, menggil, kejang, dan sakit kepala. Selain gejala-gejala yang telah disebutkan, adapun gejala yang muncul apabila dilakukan pemeriksaan klinis adalah ditemukannya jentik pada darah  dan terjadi penurunan trombosit.

Pantangan Demam Berdarah

Masalah demam berdarah sebenarnya terjadi karena tidak terjaganya kebersihan lingkungan, jadi sebisa mungkin menghindari perilaku yang dapat menjadi sarang nyamuk Aedes Aegypti, misalnya menggantung pakaian sampai bertumpuk di pintu kamar, membiarkan sampah bertumpuk, dan menjaga agar tidak ada genangan air di sekitar lingkungan.

Pencegahan Demam Berdarah

Lebih baik mencegah dari pada mengobati kan. Bagi para pembaca mungkin sedikit informasi mengenai pencegahan terbaik demam berdarah adalah menghilangkan genangan air dan sarana yang dapat menjadi sarang nyamuk, buang kaleng dan botol bekas di tempat sampah yang tertutup, tutup rapat semua wadah air, sumur dan tangki penampungan air juga di tutup ya supaya nyamuknya tidak tinggal di situ, jaga saluran air supaya tidak tersumbat serta yang paling penting ya mentinya Anda menghindari gigitan nyamuk. hehehe

Selain itu dari segi personal pencegahan demam berdarah adalah biasakan mengenakan pakaian lengan panjang dan celana panjang terutama pada malam hari, gunakan kawat nyamuk atau kelambu di ruangan yang tidak ber AC, dan biasakan menggunakan obat nyamuk bakar ataupun listrik di tempat yang dilalui nyamuk seperti jendela dan pintu.

Obat Demam Berdarah

Ketika Anda demam berdarah, bagian tubuh yang diserang adalah darah, jadi kemungkinan besar masalah yang terjadi adalah turunnya trombosit dalam darah serta berkurangnya cairan tubuh.

Obat demam  berdarah yang berupa bahan-bahan alami tentunya adalah bahan-bahan yang dapat mengembalikan energi penderita demam berdarah dan menaikkan trombosit langsung. Jenis makanan tersebut itu antara lain apel merah, jambu biji, pepaya, dan semangka. Selain buah ada juga meniran yang telah terbukti dapat meningkatkan trombosit darah sehingga dapat dijadikan sebagai obat alternatif.

Obat demam berdarah juga dapat berupa jus buah seperti jus jeruk, jus papaya, dan jus mangga. Jus ini dapat membantu memulihkan cairan tubuh penderita. Selain itu mengkonsumsi makanan dengan sumber protein tinggi dan minuman yang bervitamin C dapat membantu pulihnya sistem kekebalan tubuh.

Masalah demam berdarah merupakan masalah yang cukup banyak di alami oleh masyarakat, apabila terjadi komplikasi atau gejala demam berdarah yang akut, ada baiknya bersegeralah memeriksakan diri ke dokter, supaya lebih cepat diatasi.