You're Here: Home » Diabetes » Obat Diabetes, Penyebab, Gejala, dan Pantangan

Obat Diabetes, Penyebab, Gejala, dan Pantangan

Obat DiabetesRagamObat.com – Diabetes merupakan salah satunya penyakit yang sering diderita kebanyakan orang Indonesia. Diabetes (diabetes mellitus) atau kencing manis adalah penyakit yang ditandai kadar gula dalam darah meningkat tinggi melebih batas normal atau disebut Hiperglikemi. Ini karena tubuh tidak dapat menggunakan insulin secara sempurna. Insulin sendiri merupakan hormon yang dihasilkan oleh tubuh dan memiliki fungsi penting dalam metabolisme glukosa.

Sementara, diabetes juga memiliki 2 tipe sesuai kadar penderita diabetes atau yang diistilahkan DM tipe 1 dan DM tipe 2. DM tipe 1 ditandai dengan penderita diabetes yang kekurangan kadar insulin dimana sel dalam tubuh memerlukan insulin agar gula dalam darah dapat masuk ke dalam sel dan dipakai sebagai sumber energi. Bila jumlah insulin kurang, tentu saja gula tidak dapat diserap ke dalam sel dan tetap bekerja dalam darah

Di samping itu, DM tipe 2 menandakan kondisi penderita diabetes mengalami resistensi insulin dimana jumlah insulin cukup (berkurang sedikit) namun sel-sel tubuh tidak dapat memanfaatkannya dengan baik, sehingga terjadi defisiensi insulin relatif.

Penyebab Diabetes

Penyebab awal diabetes berasal dari konsumsi makanan kurang tepat. Diabetes terjadi karena konsumsi makanan berkarbohidrat secara berlebihan dan terus menerus, juga dipengaruhi oleh kondisi stres serta efek samping dari penyakit obesitas (usia 40 tahun). Secara proses (metabolisme) dalam tubuh, diabetes terjadi akibat ketidakmampuan tubuh mengubah makanan yang masuk menjadi energi sesuai fungsinya.

Selain penjelasan sebelumnya bahwa diabetes disebabkan karena kekurangan kadar insulin atau masih dalam jumlah cukup (kurang sedikit) dan tubuh tidak dapat menggunakan insulin dengan sempurna, juga disebabkan oleh kerusakan pada sel pankreas yang tidak dapat memproduksi insulin yang dibutuhkan untuk menstabilkan gula darah.

Gejala Diabetes

Beberapa gejala yang dialami penderita diabetes cukup terasa dampaknya, dan dapat diketahui secara dini diantaranya sering buang air (kencing) atau polydipsia, selalu merasa lapar (polyphagia) serta merasa haus, penglihatan menjadi kabur (retinopati diabetic), kesemutan pada bagian tangan dan kaki disertai gatal (neuropati diabetic), terganggunya keseimbangan gerak tubuh, berat badan menurun dratis, mudah lelah atau mengalami kantuk berat, keseringan mual dan terjadi kepusingan. Selain itu, penderita diabetes dengan mudahnya rentan terhadap infeksi terutama pada kulit dan jika dalam jangka panjang akan mengakibatkan komplikasi diabetic.

Pantangan Penderita Diabetes

Penderita diabetes perlu memperhatikan apa yang menjadi pemicu faktor terjadinya diabetes. Misalnya pada makanan yang dikonsumsi, hendaknya menghindari makanan yang tinggi karbohidrat seperti mie instant, roti, kafein, alcohol dan makanan instant serta berlemak. Di samping itu, perlu berolahraga secara rutin agar tidak terjadi penumpukan glukosa dalam darah maka untuk menjaganya hindari makanan yang manis. Kegemukan juga menjadi faktor diabetes, bagi penderita yang kondisi badan gemuk mesti berolahraga menurunkan badan sehingga mempercepat penyembuhan diabetes.

Obat Diabetes

Banyak orang yang beranggapan bahwa penderita diabetes sangat kecil peluang untuk sembuh atau sangat sulit disembuhkan. Faktanya, hingga saat ini dalam pengobatan medis belum mampu menemukan obat diabetes yang mampu memperbaiki sel-sel pankreas. Namun, pada perkembangan dunia kedokteran kini melakukan pencarian obat diabetes yang efektif menyembuhkan atau masih dalam tahap riset. Temuan terbaru di dunia medis, adalah obat herbal untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh, memperbaiki sel-sel yang rusak, meregenerasi sel beta pankreas, membuat sistem hormon tubuh seimbang. Sehingga, memiliki kemungkinan sembuh secara total

Sebagian lagi percaya dan berkeyakinan masih mengandalkan obat diabetes dari bahan alami. Hal ini juga bisa diperhitungkan peluang kesembuhannya dan ini dapat dianggap sebagai cara pencegahan dan kontrol gula darah agar dapat menurunkan risiko berbahaya. Beberapa bahan alami obat diabetes diantaranya dari jenis buah yang kaya serat, anti oksidan, dan sangat membantu penderita diabetes yaitu apel, manggi, mangga, strawberry, jeruk, anggur, pir, dan beri hitam.

Selain buah di atas, dapat juga mengonsumsi kacang-kacangan seperti buncis, kacang merah, kacang polong, dan kacang rebus. Sementara juga beberapa jenis sayuran, seperti umbi seledri, ubi, labu, kentang, kubis, brokoli, wortel, kacang hijau, asparagus dan kembang kol serta beberapa gandum yang rendah karbohidrat.

Beberapa kalangan menganggap bahwa diabetes merupakan penyakit yang cukup berbahaya karena jika dalam jangka panjang dapat menyebabkan kematian. Olehnya, penting bagi penderita untuk mengikut saran dan petunjuk dokter atau dengan rutin mengonsumsi obat diabetes alami. Bagi bukan penderita untuk selalu mengecek kesehatan minimal sekali dalam sebulan agar terhindar dari diabetes sehingga aktivitas lain dapat berjalan lancar

Indonesia yang kaya sumber daya alam memiliki beragam jenis tanaman obat diabetes yang jadi kebutuhan bagi penderita diabetes. Berdasarkan data National Institutes of Health mencatat kurang lebih 400 tanaman obat diabetes di penjuru dunia diklaim mampu mengobati diabetes. Namun, melalui tahap dan proses ilmiah hanya beberapa diantaranya yang dinilai efisiensinya. Fakta lain, walaupun sebagian besar telah menghilang  pada beberapa kebudayaan tetap dijadikan obat diabetes alternative yang sering digunakan masyarakat pedalaman/terpencil. Terima kasih, semoga bermanfaat 🙂