You're Here: Home ยป Diare ยป Obat Diare, Penyebab, Gejala dan Pantangan

Obat Diare, Penyebab, Gejala dan Pantangan

obat diareRagamObat.com โ€“ Masalah buang air besar mungkin dianggap masalah yang sepele bagi semua orang, karena pada hakikatnya buang air besar merupakan hal biasa. Namun, apa yang terjadi ketika aktivitas tersebut terjadi dalam frekuensi yang tidak biasa, buang airnya bahkan lebih dari tiga kali dalam satu hari, serasa semua isi perut sudah keluar dan tiba-tiba tinja berubah menjadi cair. Jika hal tersebut terjadi, Anda harus siap siaga, itu adalah tanda dari penyakit diare.

Bagi kebanyakan orang, mungkin diare adalah hal yang biasa saja, apalagi sebagian dari kita beranggapan, bahwa jika buang air tidak seperti biasanya maka bisa jadi karena kita salah makan atau terlalu banyak makan sambel.. hehe pengalaman pribadi

Namun, informasi yang sangat penting diketahui oleh para pembaca adalah diare itu bisa jadi bahaya loh. Apalagi kalau tidak ditanggulangi secepat mungkin, bisa jadi berlarut-larut dan mengundang penyakit lain datang atau bahkan kematian. Sudah banyak bukti, kalau setiap tahun dilaporkan banyak orang yang menderita diare dan 4-5 juta orang meninggal karena diare kronis.

Diare ada yang dialami beberapa hari saja dan adapula yang dialami berminggu-minggu bahkan berbulan-bulan. Diare yang lebih dari berminggu-minggu inilah yang dinamakan diare kronis yang bisa mengancam jiwa kita.

Penyebab Diare

Cara Mencegah DiareSoal diare, ternyata diare ini adalah salah satu penyakit yang penyebabnya bervariasi. Spesial untuk pembaca, tulisan ini mencoba memberikan informasi penyebab diare berdasarkan variasinya.

Karena diare ada hubungannya dengan masalah pencernaan, maka salah satu penyebab diare karena konsumsi makanan yang tidak sesuai dengan tubuh, seperti makanan yang mengandung kuman penyakit, makanan basi, bahan-bahan makanan yang bisa memicu diare misalnya makanan pedas, dan keracunan makanan karena bakteri atau kebersihan makanan yang dikonsumsi, pun dengan minuman dengan kriteria seperti makanan yang telah disebutkan dapat menyebabkan diare.

Selain itu, jenis makanan dan minuman lain yang dapat menyebabkan diare seperti alkohol, penyalahgunaan narkoba, dan penyalahgunaan obat pencahar.

Variasi lain penyebab diare adalah hygiene perorangan, kurangnya persediaan air bersih, alergi, efek samping dari obat-obatan, kanker, penyakit usus, diabetes, dan akibat dari operasi.

Nah, karena sudah disebutkan beberapa penyebab diare, semoga dapat bermanfaat bagi pembaca ya ๐Ÿ™‚

Gejala Diare

Sangat mudah untuk mengenali gejala diare karena penyakit ini umum diderita oleh masyarakat. Gejala diare yang paling umum adalah tinja cair dengan frekuensi buang air besar lebih dari tiga kali sehari, kadang-kadang disertai muntah 1-2 kali sehari, malas makan, letih, lesuh, lemah,ย  badan kadang-kadang panas. Dalam keadaan akut, gejala diare biasanya mata cekung, kaki dan tangan terasa kejang dan sakit, dan kekurangan cairan.

Pantangan Diare

Pantangan diare kebanyakan adalah makanan, terutama jenis makanan yang terlalu pedas, terlalu asin dan terlalu asam, segera jauhi makanan itu jika terserang diare.

Makanan berlemak, susu, mentega, es krim, dan keju merupakan jenis makanan pantangan untuk orang diare. Selain jenis makanan di atas yang cenderung berlemak, adapula makanan yang istilahnya dapat memicu gas pada perut seperti kol, kacang-kacangan, dan kubis.

Selain makanan, adapula minuman yang sebaiknya dihindari saat diare, seperti kopi,alkohol dan minumam bersoda. Jadi, makanan dan minuman di atas harap dihindari saat diare ya, demi kesehatan para pembaca.

Obat Diare

Diare adalah penyakit yang mengakibatkan kekurangan cairan dalam tubuh. Oleh karena itu, pengobatan sederhana penderita diare adalah dengan banyak minum untuk mengganti cairan dalam tubuh. Pengobatan yang paling dikenal oleh masyarakat luas adalah menggunakan oralit atau larutan gula garam.

Obat alami diare sangat mudah ditemukan, ketika Anda menderita diare maka hal sederhana yang bisa dilakukan adalah perbanyaklah minum air putih atau bisa juga menggunakan variasi cairan seperti kuah sayur, ASI, sari buah, air teh, dan air matang.

Obat diare juga dapat berasal dari makanan yang mengandung vitamin, mineral, dan karbohidrat yang mudah di cerna. Variasi makanan yang memenuhi kriteria tersebut lumayan banyak. Jenis buah misalnya ada pisang, apel, jahe, wortel, mengkudu dan kentang. Selain buah-buahan ada beberapa jenis makanan yang dianjurkan untuk penderita diare seperti beras, sereal, roti, jelly, dan yoghurt.

Obat diare juga ada yang berasal dari dedaunan dan kulit buah, misalnya daun jambu biji, daun asam, dan kulit buah manggis. Rekomendasi obat-obat alami di atas hanya merupakan alternatif bagi pembaca, disarankan jika sudah terserang diare akut, maka ada baiknya segera memeriksakan diri ke dokter. Semoga bermanfaat ๐Ÿ™‚