You're Here: Home » Gusi Bengkak » Obat Gusi Bengkak, Penyebab, dan Pantangan

Obat Gusi Bengkak, Penyebab, dan Pantangan

Obat Gusi BengkakRagamObat.com – Makanan yang enak tentu menjadi pilihan utama semua orang, pun sama halnya dengan cemilan, permen, atau minuman yang menjadi bagian kebutuhan primer masyarakat. Sebagian masyarakat utamanya kalangan anak-anak usia 12 tahun dan remaja 15 tahun sering mengalami masalah pada bagian mulut, gigi, serta gusi karena perhatian pada bagian itu kurang terkontrol sehingga menyebabkan peradangan.

Sebagian masyarakat tentu pernah mengalami gusi bengkak, yang rasanya sangat sakit, terasa nyeri cenat-cenut hingga menjalar ke bagian kepala yang seolah akan meledak. Waspadalah! Gusi bengkak merupakan salah satu tanda adanya peradangan pada gusi atau dalam istilah kedokteran adalah gingivitis.

Nah, gusi bengkak ditandai dengan warna gusi yang merah cerah seperti ada darah yang menggumpal, dan mudah berdarah apabila kita sentuh walaupun dengan sentuhan ringan, apalagi kalau menggosok gigi dengan keras. Bahkan saat gusi terasa bengkak juga bisa menyebabkan wajah bengkak. Hehe

Penyebab Gusi Bengkak

Gusi bengkak selalu berhubungan dengan masalah gigi dan mulut, hehe karena gusi, gigi dan mulut adalah satu kesatuan yang tak dapat dipisahkan. Nah untuk informasi bagi para pembaca, gusi bengkak paling banyak disebabkan karena kebersihan gigi dan mulut yang buruk, penumpukan karang gigi (kalkulus/tartar), efek samping dari obat-obatan tertentu yang diminum secara rutin, bakteri dari sisa-sisa makanan yang tidak dibersihkan secara baik, terjadinya infeksi karena virus atau jamur, dan pada orang hamil juga biasa terinfeksi gusi bengkak.

Selain itu penyebab gusi bengkak juga bisa terjadi karena kebiasaan mengkonsumsi makanan yang tidak mengandung vitamin C,penggunaan kawat gigi/behel, dan merokok.

Gejala Gusi Bengkak

Gejala gusi bengkak sangat mudah diamati, ketika gusi bengkak maka warna gusi akan berubah menjadi merah terang bahkan sampai merah bercampur ungu, gusi terlihat mengkilat, pada keadaan tertentu gusi bengkak disertai dengan pembengkakan pada wajah dan banyaknya karang gigi.

Selain gejala yang mudah dilihat, gejala lain dari gusi bengkak adalah terjadi pendarahan pada gusi, baik ketika disentuh ringan ataupun saat menyikat gigi dan gusi kadang terasa lunak saat disentuh.

Pantangan Gusi Bengkak

Ketika mengalami gusi bengkak, maka tentunya gusi akan semakin sensitif, apalagi gusi ada hubungannya dengan indra pengecap. Oleh karena itu, penting diketahui bahwa sebagian besar pantangan gusi bengkak adalah makanan dan minuman. Untuk informasi, bagi pembaca wajib menghindari makanan dan minuman yang terlalu panas atau terlalu dingin.

Terus, jenis-jenis makanan dan minuman apa saja yang pantang untuk dikonsumsi saat gusi bengkak? Let’s check it

Makanan dan minuman yang perlu dihindari adalah mereka yang mengandung gula yang tinggi seperti permen,manisan, karamel dan cemilan manis. Makanan lain yang megandung coklat berupa wafer ataupun coklat asli. Sisa makanan tersebut seringkali menempel di gigi dan mengundang bakteri-bakteri jahat untuk tinggal bersamanya, dan bengkaklah gusi kita karena hal itu.

Obat Gusi Bengkak

Membahas soal obat gusi, yah kembali lagi karena gusi berhubungan dengan indra pengecap. Maka untuk mengobati gusi bengkak, solusinya juga tidak jauh-jauh dari makanan dan kebersihan gigi dan mulut.

Obat gusi bengkak yang baik adalah yang berasal dari bahan alami, karena selain mudah untuk ditemukan juga tidak membawa efek kimia bagi tubuh. Sekedar informasi bagi pembaca, semoga menambah referensi, kalau obat gusi bengkak yang alami ada yang dari makanan ataupun bahan-bahan alami lainnya.

Obat gusi bengkak yang berupa bahan makanan seperti garam, madu, minyak cengkeh, asam jawa, dan bawang merah. Semua bahan makanan ini telah terbukti dapat menjadi obat gusi bengkak dan menghilangkan sakit saat gusi bengkak.

Selain bahan makanan, jenis buah-buahan yang mengandung vitamin C juga dapat digunakan sebagai obat gusi bengkak. Seperi jeruk, belimbing, dan mangga. Buah-buahan lain dan sayuran juga baik untuk penyembuhan gusi bengkak karena mengandung serat yang tinggi. Makanan berserat ini secara tidak langsung dapat membersihkan sisa makanan yang melengket pada gigi.

Obat alami untuk sakit gigi yang paling mudah ditemukan dansangat simple adalah air putih, dengan memperbanyak minum air putih makan dapat membunuh bakteri jahat yang ada di dalam mulut, Anda tahu kan kalau bakteri jahat itu dapat menyebabkan infeksi dan gusi bengkak,maka obat paling murah adalah air putih,cocok untuk semua kalangan.