You're Here: Home » Herpes » Obat Herpes, Gejala dan Penyebabnya

Obat Herpes, Gejala dan Penyebabnya

Obat HerpesRagamObat.com – Herpes merupakan penyakit radang pada kulit yang disebabkan oleh virus ditandai dengan gelembung yang terbentuk secara berkelompok dan berisi air dalam jumlah banyak di dasar peradangan. Bila gelembung tersebut pecah akan mengeluarkan bakteri dan virus yang menyebar dan membentuk lesi lembung di bagian kulit lain. Penyakit kulit herpes juga dinamakan penyakit cacar karena herpes hampir mirip jika dipandang dari gejala dan bentuk penyebaran serta lesi kulit yang terjadi.

Penyakit kulit herpes memiliki 2 jenis berdasarkan virus penyebab, yakni herpes zoster yang merupakan kelanjutan dari cacar air (chickenpox) dan herpes simpleks atau genitalis yang disebabkan oleh virus dari hubungan seksual tidak sehat. Khusus herpes simpleks berasal dari virus hominis (HVH), secara siklus pertumbuhan herpes simpleks akan berlangsung dengan cepat dan herpes simpleks lebih sering menyerang organ-organ seksual serta pantat dan pangkal paha. Sedangkan herpes zoster berasal dari virus Varicella Zooster dan biasanya menyerang organ bagian perut.

Penyebab Herpes

Sebagaimana dijelaskan sebelumnya penyebab utama timbulnya penyakit herpes disebabkan oleh infeksi virus yang menular melalui udara masuk ke saluran pernapasan. Penularan juga terjadi melalui sentuhan langsung dengan cacar herpes sedangkan herpes kelamin tertular melalui seks.

Berdasarkan jenis virusnya, herpes simpleks lebih disebabkan oleh virus varicella zoster sedangkan herpes simpleks disebabkan virus hominim (HVH) baik HVH tipe 1 yang menyebabkan herpes labialis dan keratitis maupun HVH tipe 2 yang menyebabkan penyakit kelamin (herpes genitalis)

Gejala-gejala Herpes

Gejala herpes dapat dilihat dari tampilan herpes kulit yang timbul pada penderita diantaranya gejalanya mulai timbul 8 hari setelah penderita mengalami keluhan demam, terjadi pembengkakan kelenjar terutama pada kelenjar getah bening, sering merasakan kesemutan pada area yang terinfeksi virus herpes, timbul gelembung-gelembung dan bagian tepi terlihat merah, serta proses sembuh dalam jangka 7 sampai 10 hari.

Selain itu, gejala akan terasa pada minggu pertama dan kedua. Jika herpes terjadi pada bayi, akan merasakan kekejangan dan berakibat infeksi pada otak bayi. Beberapa penderita herpes juga akan mengalami komplikasi pada peradangan hati (hepatitis), mengalami gangguan pernapasan, serta otot pada tubuh menjadi lemah dan menurun

Pantangan Penderita Herpes

Pantangan penderita herpes sangat beragam dan dapat dihindari menurut pola hidup sehat dan pola makanan. Pola hidup sehat yang dimaksud adalah misalnya pakaian yang dipakai bukan pakaian ketat dan berbahan kapas untuk mempercepat proses penyembuhan. Kemudian, saat bersentuhan dengan air, menghindari air panas dan sebaliknya menggunakan air dingin. Di samping itu, memperbanyak meminum air putih untuk meningkatkan kekebelan tubuh

Makanan pun menjadi perhatian utama penderita herpes yang lebih dikhususkan bagi seseorang penderita alergi pada makanan tertentu untuk menekan timbulnya luka baru. Kemudian mengonsumsi makanan yang sehat, bergizi dan berimbang serta istirahat yang cukup untuk pemulihan dan pengembalian imun tubuh.

Obat Herpes

Pencegahan secara dini penyakit kulit menjadi perhatian utama agar tidak menular ke bagian kulit lain dan pengobatan yang teratur secara alami. Pencegahan maupun pengobatan herpes berdasarkan jenis virus yang menginfeksi kulit dengan beberapa cara alternatif.

Pencegahan secara dini dan dilakukan secara teratur akan memberikan dampak yang lebih baik atau masa penyembuhan menjadi lebih pendek/berkurang. Tindakan pencegahan berkembangnya penyakit kulit herpes zoster adalah dengan vaksin Zostavax yang umum digunakan pada usia lanjut. Vaksin tersebut dapat juga diberikan kepada usia anak sebagai langkah pencegahan dini penularan virus varicella zoster.

Bagaimana dengan tindakan pengobatan? Obat herpes hingga saat ini belum ditemukan yang langsung pada penyembuhan total. Namun, dengan beberapa obat herpes atau berbahan dasar alami dapat mencegah hingga mengurangi risiko tanpa menyebabkan efek samping seperti banyak mengonsumsi buah-buahan dan sayuran, berolahraga yang cukup serta mengonsumsi multivitamin. Sayuran yang dapat menjadi obat herpes dapat menggunakan daun sangjo yang dioleskan pada bagian kulit yang terkena herpes.

Pada dasarnya, penyakit kulit herpes hampir menyerupai dengan penyakit AIDS yang paling ditakuti sejagad raya. Meski berbeda proses, tetap saja penyakit herpes dapat mengakibatkan rasa sakit sepanjang hidup karena diakibatkan oleh seringnya kambuh sehingga mengganggu aktivitas kehidupan sehari-hari. Maka, dibutuhkan obat herpes baik secara kimiawi maupun alami untuk menekan rasa kambuh atau mengurangi rasa sakit yang berkepanjangan

Penyakit herpes memiliki risiko sangat tinggi karena dampaknya sangat besar. Meskipun belum ada obat herpes untuk menyembuhkan secara total/permanen, para pakar kesehatan kulit memberikan alternatif untuk memperpendek masa penyembuhan. Selain itu, hal yang paling bijak adalah dengan terus memperhatikan pola hidup sehat dan pola makanan yang dapat menjadi pemicu herpes.