You're Here: Home » Jerawat » Obat Jerawat, Faktor Penyebab, Gejala dan Pantangan

Obat Jerawat, Faktor Penyebab, Gejala dan Pantangan

Obat Jerawat, Faktor Penyebab, Gejala dan PantanganRagamObat.com – Dambaan memiliki kulit wajah nan cantik, bersih, mulus serta sehat merupakan keinginan dan harapan dari semua orang. Namun kenyataannya banyak orang yang sering bermasalah dengan kulitnya dan masalah yang banyak terjadi yaitu masalah jerawat

Menurut American Academy of Dermatology (AAD), jerawat adalah salah satu masalah kulit yang paling umum terjadi di Amerika Serikat. Antara 40-50 juta orang Amerika Serikat memiliki jerawat (AAD, 2012). Meskipun jerawat bukanlah kondisi yang mengancam jiwa, namun kondisi tersebut bisa mengganggu kenyamanan seseorang dan menyakitkan, terutama ketika sudah parah. Selain itu, jerawat juga dapat mempengaruhi keadaan emosional seseorang.

Jerawat sebenarnya adalah penyakit kulit yang terjadi akibat penyumbatan muara saluran lemak sehingga terjadi penumpukan lemak dan disertai radang. Biasanya usia-usia rawan mengalami jerawat adalah usia remaja. Mitos yang beredar di kalangan masyarakat bahwa jerawat anak muda timbul apabila lagi jatuh cinta atau lagi kebanyakan memikirkan cewek atau cowok, tapi alasan ilmiahnya karena pada usia remaja terjadi perubahan hormon sehingga menghasilkan lebih banyak minyak.

Faktor Penyebab Jerawat

penyebab jerawatSama halnya dengan penyakit atau gangguan lain pada tubuh, jerawat disebabkan oleh banyak faktor, diantaranya kulit berminyak, peningkatan unsur komedo yang menjadi cikal bakal timbulnya jerawat, pengaruh hormon, pengaruh stress, usia, keturunan, debu dan kotoran yang berasal dari luar yang menempel pada kulit berminyak kemudian masuk ke dalam pori-pori kulit jika dibiarkan akan menimbulkan jerawat. Di samping itu faktor makanan yang secara tidak langsung dapat memicu peningkatan kadar minyak kulit.

Gejala-Gejala Jerawat

Gejala-gejala jerawat antara lain timbulnya bintik merah yang mengganggu, bintik merah tersebut kadang disertai peradangan yang gatal dan terasa sakit bila ditekan akan timbul bintik putih/hitam yang menonjol dan tidak terasa sakit (komedo). Peradangan yang terjadi pada jerawat disebabkan oleh kuman tertentu yang menimbulkan benjolan bila pecah mengeluarkan nanah dan darah tapi tidak berbau.

Pantangan Bagi Yang Memiliki Jerawat

Dalam menghindari jerawat atau mengobati kulit wajah penuh jerawat, kita tentu perlu apa pantangan bagi jerawat, salah satu penyebab adanya jerawat adalah kuman atau bakteri, jerawat akan mudah muncul apabila kulit wajah kita tidak bersih dari kuman atau bakteri, penggunaan bahan perias wajah atau kosmetik sebelum tidur. Selain yang langsung berhubungan dengan wajah ternyata ada juga makanan yang merupakan pantangan untuk penderita jerawat seperti makanan yang dapat memicu produksi minyak yakni kacang-kacangan, gorengan, makanan yang mengandung MSG, santan, dan makanan berlemak.

Obat Jerawat / Pengobatan Jerawat

Jerawat memang masalah bagi kebanyakan orang, apalagi bila meninggalkan bekas, maka akan mempengaruhi penampilan seseorang atau bahkan mengurangi kepercayaan diri seseorang. Adapun cara menyembuhkan jerawat dapat dilakukan dengan berbagai cara yakni menggunakan bahan kimia dan menggunakan bahan alami. Penyembuhan jerawat secara alami menjadi salah satu pilihan yang baik untuk menyembuhkan dan menghilankan bekas jerawat.

Bahan-bahan alami terbukti mengandung unsur yang luar biasa untuk kecantikan kulit wajah dan dapat menyembuhkan jerawat serta bekasnya. Bahan tersebut diantaranya golongan buah yang mengandung vitamin C, buah tersebut dapat berfungsi sebagai antioksidan dan membantu mengurangi iritasi dan pembengkakan kulit.

Obat jerawat yang berasal dari buah yang mengandung vitamin C diantaranya jeruk nipis, lemon, jeruk purut, irisan tomat dan belimbing wuluh. Cara mengolah buah tersebut menjadi obat jerawat cukup sederhana, yakni hanya dengan membasuh air perasan jeruk atau belimbing wuluh ke bagian wajah yang berjerawat. Khusus irisan tomat di pakai seperti masker pada wajah.

Selain buah yang mengandung vitamin C, adapula tanaman lain yang berkhasiat sebagai obat jerawat, seperti daun sirih dan daun teh yang penggunaannya dengan cara direbus kemudian air rebusan yang telah hangat dipakai untuk mencuci wajah. Penggunaan madu, lidah buaya, dan mengkudu sebagai masker juga dapat menghilangkan noda bekas jerawat.

Masalah kulit seperti jerawat sebenarnya dapat diatasi dengan pola hidup bersih dan sehat, apalagi kulit merupakan salah satu bagian terpenting dari tubuh manusia, olehnya itu selayaknya perlu dijaga dengan baik. Banyak hal yang dapat dilakukan untuk mencegah masalah pada kulit misalnya masalah jerawat, diantaranya selalu menjaga kebersihan kulit dengan menggunakan sabun/pembersih yang ringan, jangan memencet atau menusuk jerawat, hindari stress, menggunakan kosmetik secukupnya dan dalam jangka waktu yang tidak lama, tidak mengonsumsi makanan dan minuman yang bisa memacu kelenjar minyak misalnya minuman beralkohol,rokok, atau makanan pedas, dan menghidari polusi debu.