You're Here: Home » Kolesterol » Obat Kolesterol, Penyebab, Gejala, dan Pantangannya

Obat Kolesterol, Penyebab, Gejala, dan Pantangannya

Obat Kolesterol, Penyebab, Gejala, dan PantangannyaRagamObat.com – Siapa yang tak kenal kolesterol? Istilah kolesterol sudah menjadi familiar di berbagai kalangan. Kolesterol atau lipid merupakan suatu senyawa lemak dalam tubuh baik pada manusia maupun hewan dengan masing-masing kadarnya. Secara positif, kolesterol sebagai lemak tubuh sangat bermanfaat bagi tubuh manusia sebab berfungsi sebagai sumber energi, pembentuk dinding sel-sel dalam tubuh, dan juga sebagai pembentuk hormon steroid. Sebaliknya, pada sisi negatifnya akan berisiko jika kolesterol dalam tubuh manusia menjadi berlebih, naik ataupun tinggi (kolesterol jahat)

Kolesterol secara umum dikategorikan menjadi 2 jenis, yaitu kolesterol jahat atau diistilahkan Low Density  Lipoprotein (LDL) dimana kondisi menempelnya lemak pada pembulu darah dan kolesterol baik atau High Density Lipoprotein (HDL) dimana lemak sebagai pelarut kandungn LDL di dalam tubuh. Secara normal kolesterol dalam tubuh berkisar 160-200 mg/dl, dan perlu dijaga agar tetap dalam keadaan normal dengan upaya pencegahan kandungan LDL yang menumpuk. Kadar lemak yang abnormal dalam sirkulasi darah (terutama kolesterol) dapat menjadi masalah jangka panjang seperti risiko terjadinya penyempitan pembuluh darah (aterosklerosis)

Penyebab Kolesterol

Berbagai faktor yang menyebabkan seseorang memiliki kadar kolesterol berlebih atau tinggi antara lain riwayat keluarga (keturunan), obesitas (kegemukan), diet kaya lemak, merokok, jarang olahraga, minuman alkohol, diabetes yang kurang terkontrol dengan serius, kelenjar tiroid kurang aktif atau kelenjar hipofisis yang terlalu aktif serta mengalami gagal ginjal. Secara umum dapat disimpulkan bahwa penyebab inti kolesterol dapat berasal dari gen, pola makan, dan gaya hidup.

Gejala-gejala Kolesterol

Umumnya gejala yang timbul jika seorang mulai terkenal kolesterol adalah semakin meningkatnya kadar kolesterol ditandai dengan timbulnya flek atau noda kuning agak tebal pada permukaan kulit yang biasanya terdapat pada tumit, kelopak mata dan siku. Di samping itu akan merasakan kondisi yang aneh pada tubuh seperti keseringan pegal di pundak, cepat merasa kantuk, sering mengalami kesemutan, tumpukan lemak pada bagian atas kelopak mata, gampang lelah, sakit kepala terus menerus, dan kaki menjadi bengkak

Pantangan Penderita Kolesterol

Berdasarkan faktor penyebab kolesterol yang besar dipengaruhi oleh pola makan dan gaya hidup, maka penting untuk memerhatikan asupan-asupan makanan serta perhatian pada pola/gaya hidup. Jika seseorang penderita kolesterol atau yang suka memperhatikan kesehatan tubuh, penting memperhatikan apa yang dimakan, diminum, gaya hidup untuk aset jangka panjang. Beberapa rekomendasi para dokter ataupun para ahli, menghendaki untuk menghindari makanan yang tinggi lemak atau makanan yang berminyak. Selain dalam bentuk makanan, juga perlu menghindari minuman yang mengandung alkohol, menghindari rokok (tidak lagi merokok)

Obat Kolesterol / Pengobatan Penderita Kolesterol

Pada perkembangan zaman yang semakin canggih dengan terobosan-terobosan baru dan juga potensi alam yang melimpah menjadikan para pakar untuk terus mengasilkan penyembuh bagi setiap penyakit, dalam hal ini terdapat berbagai jenis, macam dan bentuk obat kolesterol untuk penderita yang rentan terkena kolesterol atau pada tingkat kolesterol tinggi.

Ada beberapa cara ampuh yang dilakukan menurut para ahli dan juga anjuran dokter untuk membuat obat kolestrol, baik dari bahan alam sendiri maupun dalam bentuk produk. Para penderita kolesterol dianjurkan untuk berolahraga dengan teratur atau rutin agar kadar HDL dan trigliserida menjadi meningkat, memprogramkan untuk diet sehat dengan makanan yang rendah lemak jenuh atau rendah kolesterol, mengonsumsi makanan yang dapat mencegah kolesterol yaitu makanan berkarbohidrat kompleks, sayur-sayuran dan buah-buahan yang berserat misalnya kacang-kacangan, teh hijau, tomat, anggur, kedelai, bawang putih, apel, alpukat, dan yogurt). Selain itu, dapat melakukan terapi medis yang tentunya sudah dikonsultasikan sebelumnya kepada dokter.

Kolesterol tidak akan begitu terlihat mengerikan jika sudah diantisipasi secara teratur. Sebenarnya tubuh manusia membutuhkan yang namanya kolesterol untuk menjadi sumber energi. Kolesterol sangat berperan pada jaringan otak dan jaringan saraf, juga berperan sebagai bahan baku membentuk garam empedu yang mengikat lemak darah sebelum sempat menumpuk di usus serta untuk peran-peran lain dalam tubuh. Kolesterol jika tidak dikontrol dengan baik akan berakibat fatal bahkan dapat berisiko meninggal, meskipun lebih banyak akan dialami oleh pria dan wanita berumur 40 tahun bukan berarti yang masih berusia muda bebas dari kolesterol. Hal ini menandakan, siapapun tanpa memandang umur penting memerhatikan kesehatannya sedini mungkin, karena manusia kadang tidak mampu mengontrol pola makan dan pola hidupnya. Pengaruh gaya hidup zaman sekarang dan kurang terkontol pada yang dikonsumsi dapat memunculkan potensi kolesterol tinggi atau berlebih.