You're Here: Home » Migrain » Obat Migrain, Penyebab, Gejalan, dan Pantangan

Obat Migrain, Penyebab, Gejalan, dan Pantangan

Obat MigrainRagamObat.com – Sakit kepala sudah menjadi keluhan banyak orang, kita merasakan sakit kepala ketika banyak masalah, banyak tugas kuliah atau pekerjaan menumpuk. Saat semuanya bertumpuk serasa kepala juga ditimpa oleh beban yang berat. Nah mulailah kita mengeluh sakit kepala. Namanya juga sakit kepala, maka terasa sakit pada bagian kepala. Sakit kepala ini banyak jenisnya dan lazim diderita oleh masyarakat.

Pernahkah Anda merasakan sakit kepala pada satu bagian saja? Misalnya sebelah kanan atau kiri saja? Sakit kepala tersebut biasanya kita kenal dengan istilah migrain. Migrain merupakan sakit kepala yang berdenyut secara perlahan. Migrain biasanya menghampiri penderita selama berapa jam, dan si penderita merasakan kepalanya berdenyut hanya pada bagian tertentu pada kepala.

Fakta menyebutkan bahwa tiga dari empat penderita migrain adalah perempuan. Masalah migrain pada seseorang juga didukung oleh riwayat keluarga dan kebanyakan penderita migrain adalah usia 20-50 tahun.

Penyebab Migrain

Migrain merupakan salah satu jenis sakit kepala, penyebab migrain bervariasi untuk tiap individu. Sebagai informasi bagi pembaca variasi penyebab migrain meliputi faktor lingkungan, faktor makanan, dan aktivitas sehari-hari.

Faktor lingkungan yang dapat mencetus terjadinya migrain pada seseorang adalah bau atau aroma yang sangat menyengat dan tidak cocok dengan kondisi beberapa orang misalnya bau parfum, aroma makanan, dan asap rokok. Sinar matahari yang sangat terik, cahaya lampu, perubahan cuaca yang tidak stabil juga bisa menjadi faktor pemicu terjadinya migrain.

Walaupun berbicara masalah kepala, ternyata migrain juga ada hubungannya dengan makanan. Makanan yang dapat menjadi penyebab migrain biasanya adalah konsumsi coklat berlebihan, alkohol, MSG dan kopi. Adapun untuk beberapa makanan tertentu juga dapat menyebabkan migrain, namun bergantung pada individu masing-masing, misalnya ada orang yang ketika berlebihan makan selesai kacang akan mengalami migrain. Hehe jadi kembali pada diri masing-masing untuk jenis makanan ya

Selain itu, faktor aktivitas juga dapat menyebabkan migrain. Apa saja contohnya? Terlalu banyak tidur atau kurang tidur, stress berlebihan, menstruasi, dan tidak makan.

Gejala Migrain

Untuk menambah wawasan pembaca, ternyata gejala migrain terdiri dari beberapa tahap gejala. Gejala awal migrain adalah kita merasa lemah, menguap berlebihan, gampang tersinggung, dan gelisah.  Setelah gejala awal muncul lah sakit kepala dan gejala penyerta. Sakit kepala ini disertai dengan nyeri berdenyut pada satu sisi kepala, denyut juga sering terasa di belakang mata. Gejala lain yang dirasakan juga yakni terlalu peka pada sinar, suara, dan bau serta mual dan muntah. Tanpa diobati migrain biasanya sembuh sendiri dalam 4 sampai 72 jam.

Pantangan Migrain

Penderita migrain kebanyakan pantang untuk mengkonsumsi makanan pedas, makanan yang mengandung santan, makanan yang mengandung kolesterol tinggi, makanan atau minuman yang mengandung soda, dan goreng-gorengan.

Selain makanan, dilihat dari kebiasaan yang dapat memicu migrain maka penderita migrain pantang untuk begadang, terlalu banyak tidur dan terlambat makan.

Obat Migrain

Ada banyak obat dengan atau tanpa menggunakan resep dokter dapat mengobati migrain. Namun, ada bainya kita memilih bahan alami sebagai obat migrain, karena efek sampingnya lebih sedikit dibandingkan dengan bahan kimia.

Obat alami untuk mengatasi migrain misalnya dengan menguyah jahe, mengkonsumsi makanan yang kaya magnesium seperti sayuran hijau,tomat, kacang-kacangan, biji-bijian, dan kentang. Selain makanan-makanan tersebut biasakan minum air.

Sebenarnya migrain juga dapat disembuhkan tanpa mengkonsumsi obat-obatan, cukup dengan memperbaiki perilaku dan kebiasaan.

Obat migrain dari segi perilaku misalnya memperbaiki pola tidur, membiasakan makan tepat waktu, yoga, olahraga teratur, ketika migrain mulai menyerang langkah jitu adalah dengan beristirahat secukupnya ataupun memijat kepala dan terapi relaksasi.