You're Here: Home » Bekas Luka » Obat Penghilang Bekas Luka

Obat Penghilang Bekas Luka

Obat Penghilang Bekas LukaRagamObat.com – Manusia mana yang tak pernah terluka kulitnya, terkena goresan, hingga mengalami lecet? Yaa, setiap manusia pernah mengalami dan merasakan luka tergores, luka lecet, luka cakaran, atau luka berat. Luka dapat terjadi di semua bagian vital tubuh seperti betis, paha, lengan, kaki, atau wajah. Terdapat beberapa kategori utama luka dalam hal penampilan dan sumber cedera, misalnya luka irisan/sayatan oleh benda tajam, laserasi atau luka karena kulit dipotong atau robek, abrasi yaitu jenis luka karena bergesekan dengan benda sehingga jika terlalu dalam akan muncul lapisan terdalam, luka memar/kontusio atau luka tertutup, dan luka tusuk terjadi saat benda tajam menembus kulit.

Asal muasal luka tidak hanya berasal dari sayatan benda-benda tajam, luka dapat terjadi akibat pembengkakan kulit dari dalam seperti jerawat, cacar air, cacar api yang mengakibatkan adanya bekas luka yang ditinggalkan. Jadi, setiap mengalami luka jenis apapun akan meninggalkan bekas luka sehingga setiap oang pun berusaha menghilangkan bekas luka agar menjadi normal kembali, menjadi sedia kala, dan permukaan kulit menjadi mulus. Meskipun untuk beberapa kasus, bekas luka pada kulit tidak semua bisa dihilangkan secara total.

Penyebab Bekas Luka

Secara penjelasan medis, bekas luka pada kulit disebabkan oleh adanya kerusakan jaringan/kehilangan jaringan yang dipengaruhi oleh sumber panas, suhu dingin tinggi, sumber listrik, bahan kimiawi, cahaya, radiasi ataupun friksi. Selain itu, bekas luka juga terjadi karena pengaruh emosi semacam trauma tumpul seperti terasa dipukul oleh kepalan tangan atau kayu pemukul. Bekas luka juga dipengaruhi oleh faktor luar misalnya bekas jahitan atau bekas operasi, sehingga dengan sendirinya akan meninggalkan jejak.

Gejala bekas Luka

Gejala atau tanda-tanda yang muncul saat mengalami luka sehingga terdapat bekas luka ditandai secara umum seperti

  1. Adanya kemerah-merahan pada kulit (Erythema), pembengkakan terjadi pada lapisan kulit tipis/ ari (Stratum Corneum), merasakan sakit disertai memerah hingga membengkak
  2. Kulit menjadi melepuh (Bullosa) yang ditandai pembengkakan hingga lapisan kulit ari tampak gelembung berisi cairan kuning
  3. Luka tampak berwarna hitam dan seperti berwarna keputih-putihan (Escarotika)
  4. Saat luka bakar sampai pada jaringan ikat atau terbakar sampai melewati kulit ari dan kulit jangan

Pantangan bekas Luka

Telah dijelaskan pada poin sebelumnya bahwa penyebab munculnya bekas luka diakibatkan oleh sumber panas, suhu dingin tinggi, sumber listrik, bahan-bahan kimiawi, cahaya, radiasi dan juga friksi. Maka dengan demikian sangat perlu menghindari sumber panas, sumber listrik, bahan kimiawi, cahaya, radiasi dan suhu dingin yang tinggi. Secara umum, luka pada kulit (bekas luka) mesti dijauhkan dari zat atau benda yang dapat mengakibatkan iritasi, luka semakin melebar atau dalam, serta mengakibatkan komplikasi

Pengobatan pada Bekas Luka

Setiap manusia yang mengalami luka pada kulit tentu berupaya menjaga agar kulit tetap normal, menjadi utuh sedia kala, penampilan agar tetap percaya diri. Obat penyembuh luka ada begitu banyak jenis dan macamnya. Pilihan obat penyembuh luka bisa beragam sesuai penderitanya, aa yang memilih untuk operasi secara langsung, ada yang memakai krim sebagai obat oles, juga ada yang menggunakan media bahan alami.

Obat penyembuh luka berbahan dasar alami memiliki kecenderungan sebagai obat pencegah dan penyembuh yang minim atau sedikit risiko dibanding dengan menggunakan cara modern atau teknologi terbaru. Obat penyembuh luka berbahan dasar alami sangat cocok bagi semua penderita karena tidak menimbulkan efek samping walaupun belum ada jaminan akan hilang total. Namun, perlu menjadi alternative pilihan disamping mudah didapatkan juga sangat mudah prosesnya meski dalam waktu lama.

Obat penyembuh luka berbahan dasar alami yang biasa digunakan orang telah dirasakan manfaatnya, diantaranya mentimun (Cucumis Sativus) yang mengadung vitamin C dan potasium, menurut Joel Schlessinger, MD ahli kulit Omaha, Nebraska ini menyatakan mentimun memiliki kandungan silika yang dapat  meningkatkan produksi kolagen dan mencegah timbulnya keriput. Lalu, ada madu sebagai peransang regenerasi sel, dapat mendinginkan, dan mengurangi rasa nyeri .

Selain itu juga, dapat mengonsumsi teh hijau untuk mengurangi peradangan sekitar kulit, mengurangi  kerja hormon penyebab jerawat, mengontrol produksi kelenjar minyak dan tentu dapat menghilangkan bekas luka karena penyakit tertentu (jerawat, cacar air, dll). Lalu, dapat menggunakan daun pare untuk menyamarkan luka, daun mint (Mentha Piperita) yang dapat dikumur maupun dioles ke area luka dan dapat menggunakan lidah buaya karena kandungan lignin dan asam amino untuk meregenerasi sel kulit dan sebagai pelembab.