You're Here: Home » Radang Tenggorokan » Obat Radang Tenggorokan, Penyebab, Gejala, dan Pantangan

Obat Radang Tenggorokan, Penyebab, Gejala, dan Pantangan

Obat Radang Tenggorokan, Penyebab, Gejala, dan PantanganRagamObat.com – Radang tenggorokan atau diistilahkan Faringitis adalah suatu penyakit yang timbul akibat adanya infeksi pada bagian Faring, dengan kata lain peradangannya disebabkan oleh virus baik peradangan ringan maupun berat. radang tenggorokan saat terasa, memiliki ciri-ciri umum yaitu terasa sakit saat menelan sesuatu, kelenjar leher membengkak, tenggorokan menjadi merah cerah dan terdapat vlek (bercak) putih.

Pada kebanyakan masyarakat memandang bahwa penyakit sekelas radang tenggorokan tidak begitu berbahaya karena dapat segera sembuh dengan beberapa obat alami (tradisional). Bahkan sebagian masyarakat meyakini radang tenggorokan akan sembuh dengan sendirinya. Padahal jika terus dibiarkan tanpa adanya perlakuan apapun akan berakibat fatal, dapat menular dan menyebar melalui udara pada saat batuk.

Penyebab Radang Tenggorokan

Seseorang tentu mampu memprediksi faktor yang menyebabkan radang tenggorokan, mencoba berkonsultasi dengan rekan yang ahli atau merujuk ke dokter yang khusus membidangi hal itu. Secara teori dan praktik, tenggorokan disebabkan oleh beberapa faktor antara lain infeksi bakteri, infeksi virus serta karena iritasi dan luka.

Infeksi bakteri merupakan penyebab paling serius pada radang tenggorokan karena membutuhkan antibiotik. Jenis bakteri umumnya dikenal dengan Bakteri Streptococcus Pyogenes yang merupakan kelompok Streptokokus A. Jenis bakteri tersebut sangat menular dan menyebar melalui udara (bersin atau batuk), melalui makanan dan minuman, atau benda-benda yang sudah terinfeksi bakteri ini. Kemudian, infeksi virus yang tidak memerlukan antibiotik (karena dapat menimbulkan resistensi atau kekebalan virus) selain sistem kekebalan tubuh yang otomatis dapat memulihkan. Sementara iritasi atau cedera berasal dari kelembaban yang rendah, polusi udara, asap rokok atau saat merokok, sindrom kelelahan, bernapas dengan mulut saat hidung tersumbat.

Gejala-gejala Radang Tenggorokan

Gejala-gejala Radang TenggorokanSecara umum gejala yang timbul saat seseorang mengalami radang tenggorokan ditandai dengan kelenjar leher membengkak, terasa sakit saat menelan, tenggorokan memerah cerah, suhu badan menjadi meningkat atau demam menggigil (demam rhematik). Kemudian infeksi virus akan mengalami gejala seperti tenggorokan terasa gatal bahkan pedih, bersin dan batuk yang mengakibatkan suara terganggu (serak), merasakan pegal pada persendian, juga perut terasa ingin muntah.

Pantangan Penderita Radang Tenggorokan

Keinginan kuat untuk bisa memenuhi kebutuhan perut menjadi tak terhindarkan, pengaruh terhadap makanan atau minuman selalu menggiurkan bagi setiap orang. Namun, tidak bagi penderita radang tenggorokan sebab hampir semua jenis makanan dan minuman favorit mesti dihindari atau dijauhi sampai benar-benar sembuh. Misalnya saja makanan yang mengandung gizi tinggi, protein tinggi ataupun yang berkalori tinggi diantaranya daging, susu, telur, ayam, dan ikan. Disamping itu, dianjurkan menghindari makanan atau minuman dingin, makanan yang berminyak, mengandung asam serta pedas.

Selain makanan dan minuman di atas, aspek fisik juga perlu diperhatikan. Diantaranya dianjurkan untuk tidur yang cukup, mengurangi aktivitas fisik, dan menghindari kelelahan. Pada saat berinteraksi dianjurkan mengurangi bicara terlebih lagi berteriak serta pada saat menyentuh benda-benda perabot rumah tangga dianjurkan untuk selalu mencuci tangan dengan sabun secara menyeluruh setelah menggunakannya.

Pengobatan Radang Tenggorokan / Obat Radang Tenggorokan

Sebuah kondisi dimana sebuah penyakit membutuhkan tindakan preventif hingga upaya pengobatan agar penderita tadang tenggorokan benar-benar dapat sembuh. Pada aspek ini, obat radang tenggorokan dapat berasal dari bahan dasar alami maupun yang telah berbentuk kapsul, cair, atau tablet. Setiap obat radang tenggorokan diberikan ke penderita sesuai dengan penyebab maupun gejalanya.

Apabila ingin menghendaki cara alami, ada berbagai metode yang bisa digunakan yaitu banyak mengonsumsi buah-buahan dan makanan yang mengandung vitamin (vitamin A, C, E, B6, B1) atau protein (asam folat) yang berguna untuk peningkatan daya tahan tubuh. Selain itu, dapat menggunakan media air garam hangat dengan cara dikumur sesuai anjuran para ahli kesehatan (1/2 sendok makan), menggunakan permen mint (dikonsumsi), mengonsumsi sup ayam, dan memperbanyak meminum air putih.

Daun juga memiliki banyak faedah untuk masing-masing penyakit. Dedaunan juga dapat berfungsi sebagai obat radang tenggorokan dari bahan-bahan alami diantaranya teh jahe, teh chamomile, daun kemangi, madu alami, bawang putih, jus belimbing serta dapat mengihirup uap panas

Radang tenggorokan tentu menjadi tak terhindarkan disebabkan beberapa faktor yaitu faktor makanan yang dikonsumsi, minuman, ataupun benda-benda yang telah disentuh. Metode diatas hanyalah salah satu cara agar dapat mengobati segera penyakit radang tenggorokan. Hal yang terpenting diperhatikan adalah menjaga tubuh agar tetap sehat dan peka pada perubahan cuaca yang ekstrem sebab sangat rentan menyerang tubuh.di samping itu pula, pola makan mesti teratur, sehat, bersih serta selalu berolahraga secara rutin. Semakin kuat daya tahan tubuh seseorang, maka semakin menimalisir penyakit-penyakit lain menyerang tubuh seseorang.