You're Here: Home » Sakit Gigi » Obat Sakit Gigi Alami yang Sudah Terbukti

Obat Sakit Gigi Alami yang Sudah Terbukti

Obat Sakit GigiRagamObat.com – Lebih baik sakit hati daripada sakit gigi. Sepenggal lagu ini mungkin sudah sering kita dengar, bahkan pernah kita lantunkan sendiri. Gigi terasa nyeri, gigi terasa berdenyut seirama denyut jantung? Waspadalah itu merupakan sakit gigi yang dapat mengganggu aktifitas Anda. Banyak orang yang menyepelekan masalah sakit gigi.

Sakit gigi memang lebih sakit daripada sakit hati, bagaimana tidak? Sakit gigi yang dibiarkan terus menerus dapat menyebabkan kerusakan dan komplikasi pada jantung. Sakit gigi jika dilihat dari anatomi disebabkan karena lubang gigi, lubang gigi ini sudah hampir mengenai jaringan saraf gigi sehingga ada respon dari saraf yakni rasa nyeri.

Sakit gigi merupakan masalah bagi semua orang tidak mengenal usia, tua ataupun muda akan tetap merasakan sakit gigi yang sama. Peneliti dari Ostrow School of Dentistry of USC menemukan bahwa anak yang lebih sering sakit gigi peluangnya empat kali lebih sering memiliki nilai di bawah rata-rata.

Kita harus waspada loh dengan sakit gigi, apalagi menurut survey kesehatan rumah tangga tahun 2004 kalau orang Indonesia sakit gigi, kebanyakan bersifat agresif kumulatif atau tidak dapat disembuhkan. Bisa jadi ini disebabkan karena kebiasaan kita menganggap remeh sakit gigi dengan didiamkan saja. Istilahnya kalau sakit gigi, cukup tidur saja. Pas bangun tidur pasti sudah sembuh. Namun, kebiasaan itu perlu kita ubah, karena sakit gigi karena segera mendapat tindakan baik medis maupun obat tradisional.

Penyebab Sakit Gigi

Tahukah Anda bahwa sakit gigi itu banyak penyebabnya. Maka dari itu kita perlu untuk mengetahui penyebab sakit gigi agar kita bisa memilih proses penyembuhan yang tepat.

Nah penyebab sakit gigi yang paling umum adalah kerusakan gigi, kerusakan gigi seperti gigi berlubang dapat menyebabkan sakit gigi, kerusakan gigi ini juga bisa disertai dengan infeksi. Penyakit gusi seperti peradangan pada gusi dan pembengkakan gusi juga dapat menyebabkan sakit gigi. Benturan atau trauma pada gigi, tumbuh gigi bungsu, gigi miring dan memakai kawat gigi juga dapat menyebabkan sakit gigi.

Selain hal-hal di atas, ternyata ada juga yang dapat menyebabkan sakit gigi tapi tidak berasal dari gigi, misalnya sinusitis dan kasus yang agak jarang terjadi adalah adanya gangguan pada jantung.

Gejala Sakit Gigi

Rasa nyeri saat menguyah bisa jadi menjadi gejala awal sakit gigi. Pada umumnya yang dirasakan saat sakit gigi adalah rasa nyeri, ngilu dan nyut-nyut. Selain itu, gejala-gejala sakit gigi adalah gigi mulai sensitive terhadap makanan panas atau dingin, terjadi pendarahan pada gusi misalnya saat menyikat gigi dan nyeri yang tajam, warna merah yang tidak biasa pada gusi, nyeri pada pipi, rahang atau bagian telinga. Gejala lain yang mungkin muncul adalah terjadinya peradangan yang menimbulkan nyeri tajam pada gusi dan gigi.

Pantangan Penderita Sakit Gigi

Pantangan untuk sakit gigi sebenarnya tergantung dari orang yang mengalami. Namun, pantangan paling umum untuk penyakit gigi adalah tidak mengkonsumsi makanan yang mengandung gula tinggi seperti coklat, makanan yang terlalu panas atau terlalu dingin apalagi kalau gigi sensitive.

Endingnya untuk masalah sakit gigi lebih ke upaya preventif saja, usahakan menggosok gigi secara teratur dan menjaga jenis makanan yang dikonsumsi agar bakteri jahat tidak hidup bebas di mulut dan membuat gigi kita berlubang.hehe

Obat Sakit Gigi

Untuk mengobati sakit gigi sebenarnya langkah paling efektif adalah segera berobat ke dokter gigi. Jangan sampai sakit gigi sudah menjalar dan merusak gigi secara permanen apabila tidak segera diambil tindakan.

Nah untuk pembaca, sekedar berbagi informasi ternyata ada beberapa bahan alami yang bisa dijadikan obat sakit gigi.

Obat sakit gigi diantaranya adalah bawang putih. Bawang putih telah terbukti dapat mengobati sakit gigi karena mengandung zat antiseptik. Penggunaan bawang putih sebagai obat sakit gigi juga cukup mudah karena hanya meletakkan bawang putih pada gigi yang sakit kurang lebih lima menit kemudian kumur-kumur menggunakan air hangat.

Obat sakit gigi yang berasal dari bahan alami lain seperti minyak cengkeh, teh hangat yang dapat membantu menghilangkan bakteri di mulut dan menghilangkan rasa sakit sementara, senyawa capcaisin pada cabe rawit juga dapat meredakan sakit pada gigi.

Obat sakit gigi lainnya adalah getah jarak, akar kangkung, akar meniran, dan sereh. Mungkin ada juga yang menggunakan air garam sebagai air kumur-kumur untuk meredam rasa nyeri pada gigi. Semua bahan-bahan tradisional ini sudah terbukti dapat menyembuhkan sakit gigi. Silahkan mencoba.

Namun, satu hal yang pasti, ketika tidak bisa menyembuhkan sakit gigi dengan cara sederhana dan untuk lebih meyakinkan Anda untuk tetap sehat dan terjaga dari hal-hal yang tidak diinginkan dari sakit gigi, ada baiknya Anda langsung memeriksakan diri ke dokter gigi.