You're Here: Home » Sakit Pinggang » Obat Sakit Pinggang, Gejala, Penyebab, dan Pantangan

Obat Sakit Pinggang, Gejala, Penyebab, dan Pantangan

Obat Sakit PinggangRagamObat.com – Apa yang Anda lakukan ketika tiba-tiba mengalami nyeri di pinggang? Membiarkannya? Beristirahat? Atau segera ke dokter? Nyeri pada pinggang merupakan indikasi adanya sakit pinggang. Sebagian dari kita bahkan menganggap remeh sakit ini, karena bisa terjadi secara refleks  ketika kita melakukan kerja berat.

Sakit pinggang merupakan masalah umum bagi masyarakat. Walaupun terkesan agak remeh namun penyakit ini dapat mengurangi produktivitas masyarakat. Sakit pinggang bahkan tercatat mengurangi produktivitas hingga 200 milyar rupiah setiap tahunnya di Amerika. Usia paling sering terserang sakit pinggang adalah usia produktif berkisar <45 tahun. Pada usia tersebut kita cenderung melakukan aktifitas berat dan menggunakan otot.

Data di Indonesia sendiri mencatat 3-17% masyarakat pernah mengalami sakit pinggang dan berobat ke rumah sakit. Ini baru yang tercatat berkunjung ke rumah sakit loh, belum lagi yang ke pengobatan alternatif atau yang tidak terdeteksi karena tidak memeriksakan diri ke rumah sakit. Tentu peresentasi orang dengan sakit pinggang akan semakin banyak kan.

Penyebab Sakit Pinggang

Nah, para pembaca. Walau kadang kita menganggap sakit pinggang adalah hal yang sepeleh,ada baiknya kita mengetahui apa sih penyebab dari sakit pinggang, karena bisa jadi berbahaya loh kalau dibiarkan terus.

Kita mulai dari penyebab sakit pinggang akibat mengangkat beban yang berlebihan sehingga terjadi gangguan pada struktur fungsi tulang belakang. Sakit pinggang akan berhubungan dengan fungsi tulang belakang sehingga terjadi tekanan pada tulang belakang yang disebabkan karena beban berat dan akhirnya menimbulkan sakit pinggang.

Ada beberapa penyebab lain sakit pinggang diantaranya gerak atau sikap badan yang salah saat membungkung/mengangkat beban, pemakaian sepatu yang bagian belakang agak tinggi, posisi tidur yang  salah atau alas tidur yang terlalu lentur, kurang olahraga sehingga kelenturan otot-otot dan sendi menurun, kebiasaan merokok, dan obesitas.

Selain disebabkan oleh kebiasaan yang kurang baik, sakit pinggang juga terjadi karena pengaruh dari penyakit, penyakit tersebut adalah penyakit ginjal, jantung, kanker, tulang, ataupun gangguan metabolik pada seseorang. Pada umumnya orang yang sering sakit pinggang, ada indikasi terjadi gangguan pada ginjal. Maka segeralah memeriksakan diri, jika Anda adalah salah satunya.

Gejala Sakit Pinggang

Gejala sakit pinggangGejala sakit pinggang biasa adalah nyeri yang terjadi pada pinggang dan akan pulih ketika kita beristirahat sejenak. Nyeri sakit pinggang biasanya bertambah sakit ketika terjadi tekanan pada tulang belakang misalnya saat bersin, batuk, mengejan, membungkuk/sujud, lama duduk,lama berdiri atau mengangkat beban berat.

Namun ada kalanya sakit pinggang berhubungan dengan penyakit ginjal. Nah, para pembaca perlu memperhatikan gejala sakit pinggang karena adanya masalah pada ginjal. Gejalanya yaitu terasa nyeri antara punggung bawah dan punggung atas, nyeri menjalar ke daerah perut kiri tengah atau kanan tengah sesuai dengan letak ginjal yang sakit, sering disertai tegang pada perut (mau buang angin dan buang air terasa susah), nyeri menetap walaupun tidak beraktifitas atau  bahkan hanya tidur saja.

Pantangan Penderita Sakit Pinggang

Sakit pinggang berhubungan dengan otot, maka beberapa pantangan untuk orang yang sakit pinggang adalah hindari mengangkat beban yang terlalu berat, memperbaiki posisi duduk  dan posisi saat tidur, serta hindari penggunaan sepatu yang memakai hak tinggi.

Selain itu, ada beberapa jenis makanan yang menjadi pantangan bagi penderita sakit pinggang. Makanan tersebut adalah kacang-kacangan, jeroan, daging merah, kelapa, santan, alkohol, kangkung, dan bayam.

Obat Sakit Pinggang

Membahas soal sakit pinggang, pembaca sudah mengetahui bahwa sakit pinggang ada yang biasa saja dan adapula yang disebabkan karena penyakit. Nah, dalam tulisan ini akan dibahas cara mengobati sakit pinggang biasa dengan bahan-bahan alami.

Obat alami untuk sakit pinggang kebanyakan berasal dari tanaman seperti jahe merah, temu hitam, daun dewa, kumis kucing, cabe rawit, bawang putih, dan akar ilalang. Tanaman ini kebanyakan dicampurkan dengan bahan lain untuk dijadikan obat sakit pinggang.

Obat sakit pinggang biasanya berasal dari racikan bahan alami kemudian dioleskan pada bagian pinggang yang terasa sakit secara rutin. Contoh ramuan alami untuk sakit pinggang adalah campuran dari jahe merah, bawang putih dan bubuk cabai secukupnya yang direndam menggunakan alkohol 75% selama kurang lebih 2 minggu, setelah itu air rendaman tersebut dioleskan pada bagian pinggang yang sakit secara teratur.

Sakit pinggang merupakan penyakit yang umum dialami masyarakat terutama dengan intensitas kerja sering, jangan menganggap sepeleh penyakit ini karena bisa jadi menyebabkan gangguan penyakit lain, Silahkan mencoba bahan-bahan alami di atas untuk mengobati jika Anda mengalami sakit pinggang, selain itu hindari pantangan-pantangan dari penyakit ini supaya kita bisa hidup sehat.