You're Here: Home » Sariawan » Obat Sariawan Alami yang Manjur

Obat Sariawan Alami yang Manjur

Obat Sariawan Alami yang ManjurRagamObat.com – Manusia setiap hari berhubungan dengan aktivitas makan maupun minum yang tentu tidak lepas dari peran mulut dan gigi. Hal itu menjadi alasan bahwa manusia sangat membutuhkan energi yang berasal dari makanan maupun minuman untuk kelangsungan hidup serta pertumbuhan tubuh mereka. Namun, makanan maupun minuman yang masuk ke dalam tubuh manusia sering menimbulkan berbagai penyakit terutama di bagian mulut yang mengalami peradangan, salah satunya yaitu sariawan. Sariawan inilah yang kadang membuat manusia merasakan sakit saat mengunyah atau ketika meneguk air.

Mengenal Sariawan dan Penyebabnya

Obat Sariawan Alami yang ManjurSariawan dalam dunia medis diistilahkan dengan Stomatitis aphtosa, yaitu peradangan yang terjadi pada daerah mulut terutama di rongga mulut, langit-langit mulut, bibir bagian dalam, lidah, dan gusi. Di samping itu, sariawan tampak seperti bercak putih yang bentuknya bulat kecil dan kadang membesar bila parah dengan warna kemerahan di sekitarnya. Memang sariawan bukanlah penyakit berbahaya, akan tetapi tentu mengganggu aktivitas anda dan dapat memicu timbulnya penyakit lain seperti demam dan sebagainya.

Sariawan tidak serta merta terjadi begitu saja, karena ada beberapa faktor pemicu yang jadi penyebab timbulnya sariawan, diantaranya :

  1. Bibir tergigit secara tidak sengaja. Ini menjadi hal umum yang biasanya terjadi pada masyarakat ketika makan tergesa-gesa atau berbicara terlalu cepat
  2. Kebersihan mulut kurang terjaga
  3. Terdapat tanda-tanda kelainan pada pencernaan
  4. Daya tahan tubuh menurun
  5. Penggunaan pasta gigi yang kadang tidak cocok dengan mulut anda
  6. Makanan yang terlalu pedas atau asam
  7. Kekurangan vitamin C

Bagaimana Memilih Obat Sariawan yang Alami serta Ampuh?

Dewasa ini sudah banyak bentuk obat sariawan yang dapat digunakan untuk menyembuhkan sariawan anda. Hal itu karena obat sariawan sendiri bukan hanya dari bahan tradisional, tetapi sudah dalam bentuk kapsul, tablet maupun bentuk cair. Namun, bagi anda yang ingin menghindari adanya efek samping dan lebih memilih obat sariawan alami, anda dapat menggunakan bahan-bahan tradisional yang mudah ditemukan diantaranya :

  1. Air kelapa, terutama meminum air dari kelapa muda dapat menormalkan fungsi pencernaan yang mengalami kerusakan akibat sariawan
  2. Minyak kelapa, yang memiliki sifat anti bakteri juga dapat membantu mengobati sariawan dengan mencampurkannya bersama madu
  3. Tomat, karena banyak mengandung vitamin C sehingga sangat cocok buat sariawan baik dikonsumsi secara mentah maupun dibuat jus
  4. Yogurt, yang berfungsi mengontrol keseimbangan bakteri dalam mulut serta tubuh. Dengan mengonsumsi yogurt, anda dapat mempercepat penyembuhan dan mencegah luka yang timbul akibat sariawan.

Menggunakan obat sariawan alami bertujuan untuk mengurangi asupan bahan-bahan kimia yang terserap oleh tubuh. Di samping itu, bahan-bahan alami mempunyai fungsi ganda selain menyembuhkan sariawan dan tentu saja tanpa efek samping. Seperti pepatah lama mengatakan, “sambil menyelam sambil minum air”. Terima kasih, semoga bermanfaat.