You're Here: Home » Sakit Mata » Penyebab Sakit Mata Merah secara Medis

Penyebab Sakit Mata Merah secara Medis

Penyebab Sakit Mata Merah secara MedisRagamObat.com – Mata merah adalah hal umum pada orang dewasa dan anak-anak. Kadang-kadang membutuhkan perawatan medis, tergantung pada penyebabnya. Bila anda salah satu penggemar film horor, kadang anda memperhatikan sekilas mata sang pemeran hantu tampak kemerahan. Terjadi pula saat anda bangun tidur lalu anda bergegas ke depan cermin, kadang anda memperhatikan mata tampak kemerahan. Demikian halnya saat mata terkena asap atau debu, seringkali membuat mata perih dan memerah bila tanpa menggunakan kaca mata atau sejenisnya. Nah, apakah semua fenomena itu merupakan penyebab sakit mata merah?

Penyebab Umum Mata Merah

Banyak kemungkinan penyebab kemerahan pada salah satu mata atau kedua-duanya. Sakit mata yang tampak merah disebabkan oleh pembuluh di permukaan putih mata yang membesar dan mengalami iritasi karena udara kering, terpapar sinar matahari, kemasukan bubuk atau benda asing, reaksi alergi, trauma dan kondisi lainnya. Namun, hal itu hanyalah efek samping yang tidak perlu dikhawatirkan sebab dampaknya hanya sementara.

Penyebab Medis Sakit Mata Merah

Penyebab sakit mata merah dapat dijelaskan secara medis dan setiap Penyebab Sakit Mata Merah secara Medispenyebab mempunyai cara penanganan yang berbeda-beda. Secara medis, penyebab sakit mata merah disebut konjungtivitis yang merupakan infeksi atau peradangan pada selaput yang melapisi kelopak mata dan menutupi permukaan mata. Peradangan atau infeksi yang terjadi, sering kali masyarakat menyebutnya mata merah yang disebabkan oleh bakteri, alergi, iritasi atau virus. Berikut penjelasan penyebab sakit mata merah sesuai jenis penyebabnya.

Konjungtivitis Bakteri

Peradangan atau kondisi sakit mata merah disebabkan oleh infeksi bakteri. Jenis bakteri ini dapat menyebabkan kerusakan parah pada mata bila tidak diberikan obat sakit mata dengan baik. Konjungtivis oleh bakteri akan membentuk sekret tebal berwarna kuning kehijauan yang biasanya masyarakat menyebutnya belekan. Di samping itu, konjungtivitis oleh bakteri perlu diwaspadai karena sifatnya dapat menular. Jika anda mengalami kondisi ini, maka sebaiknya menggunakan obat sakit mata atau salep antibiotik sesuai resep dari dokter.

Konjungtivitis Alergi

Sakit mata merah juga disebabkan oleh alergi terhadap benda tertentu seperti serbuk sari, debu, dan bulu binatang terhadap manusia yang lebih rentan. Konjungtivis jenis alergi ini dapat terjadi sepanjang tahun, namun umumnya tidak menular. Pada konjungtivitis jenis alergi, seringkali disertai dengan rasa gatal pada mata serta gangguan hidung seperti bersin atau hidung tersumbat. Bila anda mengalami kondisi ini, diperlukan obat tetes mata anti alergi sesuai anjuran dokter. Selain itu, sangat penting juga menghindari hal-hal yang menyebabkan alergi.

Konjungtivitis Iritasi

Iritasi karena benda kimia atau benda asing lainnya merupakan faktor peradangan yang ditandai dengan mata berair. Umumnya mata merah oleh iritasi akan sembuh sendiri dalam waktu kurang dari sehari serta tidak memerlukan obat sakit mata.

Konjungtivitis virus

Sakit mata merah yang disebabkan oleh virus, biasanya disertai sakit flu biasa. Jenis penyakit mata ini sifatnya menular, namun akan sembuh sendiri (2 minggu) tanpa perlu pengobatan khusus. Konjungtivitis virus ditandai oleh cairan mata menjadi bening dan encer yang dimulai pada salah satu mata kemudian menginfeksi mata lain dalam beberapa hari.

Jenis konjungtivitas di atas perlu anda perhatikan agar pemilihan obat sakit mata juga tepat sesuai jenis penyakit mata anda. Karena tidak semua sakit mata diatasi dengan obat sakit mata. Sangat penting menjaga kesehatan mata dengan menghindari penyebab sakit mata. Terima kasih, semoga bermanfaat.