You're Here: Home » Sakit Pinggang » Penyebab Sakit Pinggang dan Terapinya

Penyebab Sakit Pinggang dan Terapinya

Penyebab Sakit Pinggang dan TerapinyaRagamObat.com – Sakit pinggang sering dianggap suatu hal yang wajar, karena sebagian orang meyakini bahwa penyebab sakit pinggang terjadi akibat duduk terlalu lama, bekerja seharian, mengangkat beban yang berat dan lain sebagainya. Akan tetapi, sakit pinggang sering muncul dengan penyebab yang tidak diketahui oleh penderitanya. Olehnya, perlu anda ketahui apa saja penyebab terjadinya sakit pinggang.

Apa Penyebab Utamanya?

Penyebab Sakit Pinggang dan TerapinyaBiasanya penderita tidak mengetahui pasti penyebab sakit pinggang sehingga akan meminta dokter untuk diperiksa dengan menggunakan alat penunjang seperti rontgen. Nah, dibawah ini beberapa penyebab secara medis yang seringkali dijumpai pada penderita diantaranya :

  1. Sakit pinggang otot dan ligamen (jaringan pendukung). Hal ini disebabkan karena gerakan berulang seperti mengangkat benda berat.
  2. Sakit pinggang karena tonjolan dan robeknya bantalan tulang belakang. Bantalan tulang belakang berada di antara ruas tulang belakang manusia. Pada kondisi tertentu, bantalan tersebut menonjol bahkan robek. Disamping itu, di sekitar bantalan terdapat saraf yang jika terjadi penekanan akibat tonjolan tersebut maka timbul nyeri pada pinggang.
  3. Sakit pinggang akibat radang sendi (Osteoartritis). Radang sendi pada tulang belakang menyebabkan nyeri karena terjadi penyempitan ruang sumsum tulang belakang.
  4. Sakit pinggang karena kelainan lengkungan (curve) tulang belakang. Dalam hal saat kurva kelengkungan tulang belakang tidak normal akan timbul rasa nyeri pada pinggang.
  5. Sakit pinggang karena pengunaan sepatu hak tinggi yang disebabkan adanya perubahan pada pusat tumpuan tubuh. Perubahan tersebut membuat tulang pinggul semakin ke belakang yang disebut sebagai kegagalan biomekanik tubuh.

Terapi bagi Penderita

Sakit pinggang yang anda alami, dapat diatasi dengan mengonsumsi obat sakit pinggang. Akan tetapi, perlu juga menghindari berbagai aktivitas yang dapat memicu bahkan memperparah rasa nyeri. Olehnya, berikut beberapa terapi yang dapat anda lakukan untuk mengurangi rasa nyeri :

  1. Sebelum bekerja, seringlah melakukan pemanasan
  2. Selalu memperhatikan posisi duduk atau berdiri secara benar
  3. Jagalah sumbu tubuh dalam posisi tegak saat hendak mengangkat benda berat. Disamping itu, usahakan tidak membungkuk yang justru akan menambah regangan pada tulang belakang
  4. Terapi olahraga seperti bersepeda atau renang juga sangat baik dalam mengurangi rasa nyeri terutama untuk mengurangi tekanan pada struktur tulang punggung dan sekitarnya
  5. Hindari olahraga berat seperti angkat beban atau lari yang dapat membebankan tulang dan memperparah rasa nyeri
  6. Saat tidur usahakan dalam posisi lurus dan berada di atas kasur dengan alas yang keras
  7. Latihlah kekuatan otot punggung

Sakit pinggang dapat menjalar hingga ke bagian kaki dan menimbulkan gangguan neurologik. Untuk mengatasinya, anda perlu mengetahui penyebabnya lebih dulu. Jika anda tidak menemukan penyebab selain di atas, sebaiknya anda memeriksakan diri ke dokter spesialis untuk penanganan lebih lanjut. Terima kasih, semoga bermanfaat.