You're Here: Home » Vertigo » Penyebab Vertigo yang Perlu Diketahui

Penyebab Vertigo yang Perlu Diketahui

Penyebab Vertigo yang Perlu DiketahuiRagamObat.com – Ketika anda melakukan perjalanan jauh dengan menggunakan kendaraan pribadi, anda tentunya ingin menikmati perjalanan tersebut dan ingin merasakan sensasi melewati setiap rumah di sepanjang jalan. Begitu pun ketika anda menaiki sebuah kapal menuju satu tempat tertentu dan menikmati keindahan laut. Namun, tidak bagi anda yang sering mabuk perjalanan atau mabuk laut, saat kendaraan yang anda tumpangi tiba-tiba bergerak seolah-olah akan terguncang. Tentu anda akan mengalami pusing disertai mual-mual atau gejala lain. Hal itu menunjukkan bahwa anda mengalami vertigo yang istilah ini belum banyak dikenal masyarakat.

Vertigo bisa berlangsung hanya beberapa saat atau bisa berlanjut sampai beberapa jam bahkan hitungan hari. Vertigo muncul karena gangguan keseimbangan pada telinga bagian dalam, pada sistem saraf serta otak yang menyebabkan pusing seperti hendak melayang atau berputar terhadap sekelilingnya. Penyebab vertigo terjadi bukan karena faktor gen atau keturunan, melainkan dipicu oleh beberapa kondisi diantaranya migrain, kelainan saraf, pengaruh alkohol, radang pada leher, infeksi bagian telinga, gangguan penglihatan, kekurangan oksigen pada otak, tekanan emosional, stress dan obat-obatan. Berikut penjelasan dari beberapa penyebab vertigo agar anda dapat menghindarinya.

1. Gangguan Bagian Dalam Telinga

Sebagian besar vertigo muncul saat seseorang secara tiba-tiba mengubah posisi kepalanya misalnya saat bangun tidur atau berdiri secara cepat. Di samping itu, rasa pening yang terjadi akan mereda dengan seketika dalam beberapa detik. Vertigo seperti ini muncul diakibatkan oleh masalah pada bagian telinga atau istilah medisnya disebut Benign Paroxysmal Postional Vertigo.

2. Penyakit Sistem Saraf Pusat

Penyakit Vertigo juga dapat disebabkan oleh gangguan sistem saraf pusat yang dipicu oleh beberapa penyakit seperti  kerusakan pada bagian dalam leher, multiple sclerosis, tumor ataupun stroke.

3. Migrain

Meskipun migrain merupakan bagian dari jenis sakit kepala, namun dapat mempengaruhi penglihatan dan biasanya vertigo karena migrain hanya berlangsung beberapa menit atau sampai beberapa hari.

4. Gangguan Penglihatan

Fungsi utama mata selain untuk melihat, juga dapat membantu dalam keseimbangan tubuh. Oleh karena itu, bila terjadi masalah pada penglihatan tentu dapat mengakibatkan gangguan keseimbangan yang memicu munculnya penyakit vertigo.

5. Peradangan atau Infeksi

Infeksi atau peradangan terhadap tubuh biasanya timbul  flu, batuk, pilek dan sebagainya. Hal itu dapat mempengaruhi fungsi telinga bagian dalam sehingga dapat mengakibatkan penyakit vertigo.

6. Posisi Tidur

Posisi bantal kepala yang sangat rendah atau justru terlalu tinggi dapat mempengaruhi timbulnya penyakit vertigo. Selain itu, saat bangun dari tidur, lalu bangkit dengan cepat dapat memicu munculnya vertigo.

Demikian beberapa penyebab vertigo secara umum yang dalam mengatasinya tidak diperlukan obat vertigo atau obat khusus, karena hanya cukup dihindari penyebabnya atau melakukan terapi khusus. Perlu diketahui bahwa rasa pusing yang sering anda alami tidak serta merta merupakan gejala awal vertigo, sebab pusing yang terjadi dapat berasal dari gejala penyakit lain. Terima kasih, semoga bermanfaat.