You're Here: Home » Maag » Seputar Penyakit Maag, Jenis dan Penyebabnya

Seputar Penyakit Maag, Jenis dan Penyebabnya

 

Seputar Penyakit Maag, Jenis dan PenyebabnyaRagamObat.com – Berada di lingkungan kerja yang menuntut anda untuk bekerja keras dan seringkali bekerja lembur, tentu membuat anda konsentrasi penuh sampai bisa menuntaskan pekerjaan. Disamping itu, kadang anda melupakan hal lain seperti ketika waktu makan siang justru anda masih sibuk dengan pekerjaan. Bukan hanya itu saja, anda pun sering tidak memperdulikan jenis makanan yang anda konsumsi sehingga sering timbul penyakit maag.

Jenis dan Penyebab Sakit Maag

Seputar Penyakit Maag, Jenis dan PenyebabnyaDalam dunia medis, maag dikenal dengan gastritis dimana merupakan suatu kondisi terjadi pembengkakan pada lapisan lambung. Di samping itu, penyakit ini biasanya menyerang secara tiba-tiba dan berlangsung cepat. Namun, pada kasus tertentu penyakit ini bisa semakin parah dan berlangsung lama. Olehnya, meskipun penyakit maag dianggap penyakit ringan dan tidak perlu dikhawatirkan namun tetap bisa membahayakan fungsi lambung.

Penyakit maag pada dasarnya dibagi menjadi dua jenis yaitu penyakit maag akut dan penyakit maag kronis. Penyakit maag akut merupakan penyakit yang paling banyak ditemui pada penderita dan penyakit jenis ini disebabkan oleh faktor stress, pemakaian zat-zat kimia, mengonsumsi alkohol serta terbiasa makan makanan pedas atau terlalu asam. Sementara itu, penyakit maag kronis merupakan peradangan pada lambung yang timbul akibat bakteri Helicobacter pylori. Disamping itu, apabila bakteri tersebut dibiarkan hingga mencapai jumlah besar maka akan memicu sekresi di asam lambung dan memecah lapisan perut yang mengakibatkan maag.

Bagaimana Mengantisipasi Penyakit Maag?

Maag yang sering anda alami tentunya dapat diatasi dengan obat maag atau obat khusus, namun obat itu hanya berfungsi untuk menekan rasa nyeri yang timbul di bagian lambung. Olehnya itu, anda perlu melakukan pencegahan agar maag tidak lagi kambuh. Berikut langkah pencegahan yang menjadi alternatif pertama yaitu :

  1. Membiasakan pola makan teratur dan tidak menunda-nunda makan meskipun berada dalam kondisi sibuk. Sempatkanlah makan walau hanya sepotong roti.
  2. Menghindari makanan yang berpotensi memperburuk lambung seperti makanan pedas, makanan berasam juga berlemak.
  3. Kebiasaan berbaring setelah makan dapat memicu timbulnya maag. Anda cukup mengubah kebiasaan saat makan yaitu menunggu hingga sebagian besar makanan sudah sampai ke lambung lalu menuju usus
  4. Menghindari makan yang berlebihan supaya lambung tidak terisi penuh. Di samping itu, disarankan untuk sering makan dengan porsi sedikit dibanding makan dalam jumlah besar yang dimakan sekaligus
  5. Menghindari minuman bersoda, sebab soda dapat meningkatkan produksi asam di lambung

Demikian seputar penyakit maag, jenis dan juga penyebabnya. Mengantisipasi maag sebenarnya cukup dengan mengubah pola kebiasaan, sebab maag juga timbul akibat kurangnya perhatian pada pola makan. Namun, apabila maag masih kambuh maka segera bawa ke dokter ahli. Terima kasih, semoga bermanfaat.