You're Here: Home » Vertigo » Seputar Penyakit Vertigo dan Jenisnya

Seputar Penyakit Vertigo dan Jenisnya

Seputar Penyakit Vertigo dan JenisnyaRagamObat.com – Pernahkah anda merasakan seolah-olah diri anda dan lingkungan sekitarnya terasa berputar? Pada peristiwa lain, anda mungkin pernah merasa pusing hingga mual-mual ketika berada dalam sebuah bus, mobil, kapal, pesawat atau kendaraan umum lainnya dan itu sering kali terjadi. Apakah itu sebuah gejala penyakit atau hanya karena belum terbiasa? Ya, fenomena itu merupakan tanda-tanda anda sedang terserang penyakit vertigo. Sebagian orang pernah mengalami vertigo, tetapi tidak banyak yang tahu mengenai vertigo ini.

Mengenal Vertigo dan Jenisnya

Kata vertigo berasal dari bahasa Yunani yaitu Vetere yang artinya berputar. Sesuai asal katanya, vertigo merupakan salah satu bagian dari gangguan keseimbangan (dizziness) pada bagian saraf pusat yaitu otak dan organ sekitarnya atau bagian jaringan saraf tepi dan organ dalam telinga. Gangguan keseimbangan itu ditandai dengan kepusingan yang tidak biasa (tanpa sakit kepala) seperti hendak berputar antara dirinya dengan ruang sekelilingnya dan disertai rasa mual atau muntah.

Selain itu, penyakit vertigo ini terbagi ke dalam empat jenis yaitu vertigo vestibular, vertigo non vestibular, peripheral, dan sentral. Namun yang paling sering dijumpai pada penderita vertigo adalah jenis vertigo vestibular dimana vertigo ini menyerang organ vestibuler atau saraf vertibulokoklear.

Apakah Ada Gejala dari Vertigo Vestibular?

Vertigo vestibular ditandai oleh si penderita merasakan benda atau ruang Seputar Penyakit Vertigo dan Jenisnyasekelilingnya seperti naik turun dan terjadi secara mendadak serta berlangsung sangat cepat (biasanya kurang dari 1 menit). Hal itu terjadi akibat perubahan posisi kepala, misalnya pada saat berbaring, berguling, bangun, menoleh ke belakang atau aktivitas lain yang mengakibatkan kepala berubah posisi dengan cepat dan mendadak. Disamping itu, vertigo vestibular biasanya dapat memicu timbulnya vertigo selanjutnya (vertigo jenis lain). Bila ditanyakan gejala yang muncul, hampir dipastikan bahwa vertigo vestibular tidak terdapat gejala sama sekali.

Penyebab dan Bagaimana Mengatasinya

Vertigo vestibular disebabkan oleh banyak faktor diantaranya ketidakseimbangan kimia dalam otak, gangguan pada organ dalam telinga, dan gangguan serabut saraf. Lantas, bagaimana mengatasi bila terserang vertigo jenis vestibular ini? Untuk mengatasi penyebab vertigo vestibular yang telah disebutkan di atas dapat melakukan beberapa terapi khusus. Langkah pengobatan yang biasanya ditempuh hanya bertujuan untuk menstabilkan penyebab vertigo vestibular. Olehnya, perlu metode lain selain mengkonsumsi obat vertigo untuk meredakan vertigo yaitu dengan memejamkan mata sejenak dan menjaga posisi kepala agar tidak bergerak baik pada saat baring, duduk maupun berdiri.

Demikian beberapa hal mengenai vertigo serta jenisnya dan bagaimana mengatasinya. Bila penyakit ini masih terjadi dan menimbulkan gejala yang lebih parah, disarankan untuk mengkonsultasikannya dengan dokter ahli saraf. Terima kasih, semoga bermanfaat.