You're Here: Home » Ambeien » Terapi Ambeien yang Timbul Saat Melahirkan

Terapi Ambeien yang Timbul Saat Melahirkan

Terapi Ambeien yang Timbul Saat MelahirkanRagamObat.com – Hamil hingga melahirkan pastinya akan dialami oleh seorang wanita/perempuan sesuai dengan kodratnya. Hal-hal kecil yang tejadi saat hamil maupun melahirkan seringkali diabaikan oleh para wanita yang sebetulnya dapat memicu timbulnya penyakit yang seringkali merepotkan dalam keadaan hamil maupun melahirkan. Misalnya saja yang sering terjadi yaitu ambeien/wasir atau dalam istilah medis disebut hemorrhoid. Saat hamil berbulan-bulan hingga menginjak masa-masa lahir, penyakit ambeien/wasir ini kadang timbul dan sering mengganggu ibu hamil.

Hemorrhoid merupakan terjadinya pembengkakan dan peradangan pembuluh darah balik (vena) pada dinding dubur (anus) atau daerah rektum. Bentuk dan tipe ambeien terbagi menjadi berbagai model, yaitu bentuk seperti tonjolan bulat yang dapat terlihat langsung disekitar muara rektum (anus/dubur), hemorrhoid yang keluar saat mengejan namun spontan. kembali masuk atau didorong menggunakan tangan, dan hemorrhoid yang tidak dapat dimasukkan kembali

Selama proses kehamilan berlangsung, tentu saja ambeien sangatlah merepotkan bagi wanita hamil, akan tetapi saat melahirkan justru ambeien menjadi berisiko. Apa saja risiko serius ambeien saat melahirkan? Pada masa-masa kehamilan, tahap-tahap terbentuknya ambeien dapat dijelaskan dengan pendekatan medis yaitu pertumbuhan rahim dan juga janin dapat menekan pembuluh darah pada bagian panggul, olehnya itu laju sirkulasi darah di bagian bawah tubuh melambat. Sehingga mengakibatkan adanya peningkatan tekanan pembuluh darah pada bagian bawah rahim dan pada akhirnya akan terjadi pembengkakan pembuluh darah di daerah rektum (anus/dubur).

Selain itu, risiko saat timbul ambeien di masa-masa melahirkan adalah sulitnya seorang ibu hamil melahirkan dengan cara normal. Bila melahirkan dengan tetap memakai cara normal dikhawatirkan ambeien pada seorang ibu hamil bisa bertambah parah saat mengejan. Ambeien yang sedemikian parahnya itu akan sangat sulit disembuhkan kecuali dengan jalan operasi pemotongan ambeien sebagai alternatif terakhir untuk penyembuhan. Namun, hal itu tentu menimbulkan risiko lain karena operasi pemotongan ambeien sangat menyakitkan terlebih khusus bagi seorang ibu hamil. Hal demikian dikarenakan pada saat operasi dan setelah operasi, seorang ibu hamil tidak dapat menggunakan pain killer dalam jumlah banyak (berbahaya bagi janin)

Terapi Ambeien yang Timbul Saat MelahirkanAmbeien yang timbul pada saat hamil hingga proses kelahiran memang sangat merepotkan dan membutuhkan penanganan khusus, namun ambeien sebenarnya dapat diatasi dengan beberapa tips-tips. Bagi seorang ibu hamil atau penderita ambeien lainnya perlu memerhatikan beberapa hal berikut terutama menjaga agar tidak bertambahnya berat badan yaitu sebagai berikut :

  • Merendamkan bagian tubuh terutama daerah rektum (anus/dubur) dengan menggunakan media air hangat selama kurang lebih 15 menit. Cara ini berfungsi untuk mengurangi nyeri dan juga menjaga kebersihan anus/dubur. Cara ini dilakukan 2 atau 3 kali dalam sehari
  • Perlu makan makanan berserat tinggi sebagai cara untuk melunakkan kotoran (feces) sehingga saat kotoran (feces) dikeluarkan akan sangat mudah dan dinding bagian anus/dubur menjadi aman. Makanan berserat dapat mengonsumsi buah-buahan ataupun sayur-sayuran.
  • Hindarilah minuman-minuman beralkohol, karena cairan yang mengandung alkohol dapat mengeraskan kotoran
  • Meminum air dalam porsi yang cukup atau sedikitnya 1,5 liter dalam hari
  • Menjaga agar dubur tidak mengalami luka dengan tidak menggosok-gosok saat buang air
  • Hindari kebiasaan menahan buang air besar atau kebiasaan memaksa diri untuk buang air besar
  • Jauhi duduk berlama-lama di toilet saat melakukan buang air besar. Misalnya saja sambil mengoperasikan HP atau membaca buku, ini dapat berisiko meningkatkan tekanan di daerah anus/dubur
  • Selalu berolah raga secara teratur
  • Gunakan obat ambeien yang langsung dari resep dokter

Perlu diketahui bersama, bahwa mengatasi ambeien di atas adalah hanyalah tips untuk menurunkan gejala dan mencegah dengan perubahan gaya hidup sebelum dilakukannya operasi. Sebab, saat ini belum ada obat ambeien yang memang secara langsung dapat menyembuhkan penyakit ambeien. Jika cara diatas sudah ditempuh namun belum mampu menyembuhkan maka dapat dilakukan dengan operasi. Oleh sebab itu, hendaknya penderita ambeien memeriksakan penyakitnya terlebih dahulu ke dokter spesialis agar dapat diketahui apa saja tindakan yang tepat untuk ambeien yang dialami.